Ada Apa KPK Sambangi Dinas Pertanian

Ada Apa KPK Sambangi Dinas Pertanian

 

CIANJUR. Maharnews.com - Pasca terjadinya OTT beberapa bulan lalu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, kini komisi pemberantasan korupsi (KPK) seperti melebarkan pengaruhnya ke Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Kamis (9/5/2019). Alhasil maksud dan tujuan kedatangan lembaga anti rasuah tersebut menjadi tanda tanya besar.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Hortikultura, Mamad Nano membenarkan bahwa KPK mendatangi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya. Namun bukan bermaksud untuk melakukan OTT atau pemeriksaan kasus, tetapi dalam rangka pengawalan dan pembinaan terkait penyelenggaraan program bawang putih tahun anggaran 2019.

“Kami senang KPK bisa menyempatkan diri untuk melakukan pengawalan dan pembinaan terhadap penyelenggaraan program tersebut, kalau ada apa-apa kan bisa langsung melaporkan,” ungkapnya saat ditemui dikantornya yang bekedudukan di Jl. Raya Bandung.

Menurut Nano, peran serta KPK dalam rencana program swasembada bawang putih tahun 2021 itu agar berhasil. Selain itu juga banyak rongrongan sehingga perlu dikawal.

"Jadi kami sangat mau banget adanya pengawalan KPK, idependennya jelas. Harapannya ada bimbingan, baik untuk regulasinya, perjalanannya terkawal, jadi ada perlindungan," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Hortikultura, Kodrat Nugrahana menerangkan KPK dalam hal ini akan membimbing dari belakang, baik administrasi, penyerapan dan sebagainya, intinya ada pengawalan. 

“Itu perintah dari Menteri pertanian dengan KPK. Tetapi bukan hanya di Cianjur hal itu dilakukan di Kota dan Kabupaten lain juga dilakukan hal yang sama,” terangnya.

Sepengetahuannya, dasar adanya pengawalan ini karena Menteri pertanian ingin program swasembada yang berjalan di daerah sesuai target alias berhasil. Tak hanya KPK, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian juga turut membimbing.

“Untuk detail kegiatan yang dilaksanakan dapat langsung ditanyakan kepada kepala bidang Bidang Produksi Tanaman Hortikultura,” pungkasnya.

Saat ingin dikonfirmasi terkait detail kegiatan, kepala bidang Bidang Produksi Tanaman Hortikultura tidak dapat ditemui karena sedang tugas luar. (wan/nn)
 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar