"AMPUH " KURSI KETUA DPRD, MILIK SIAPA ?
Sebuah Analisa Parameter Kelayakan

"AMPUH " KURSI KETUA DPRD, MILIK SIAPA ?

Foto : Yana Nurzaman ketua Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (Ampuh)


CIANJUR.Maharnews.com - Beberapa saat lagi masa tugas anggota DPRD Cianjur masa bakti 2014-2019 akan segera berakhir, selanjutnya mereka akan digantikan oleh anggota DPRD hasil pileg 2019 yang prosesnya tinggal menunggu Surat Keputusan KPU RI.

Kalau melihat dan mempelajari hasil akhir pileg 2019 khususnya untuk komposisi anggota DPRD Cianjur yang termuat dalam DB hasil pleno terbuka KPUD Cianjur, serta memperhatikan kondisi kekinian, maka dapat dipastikan bahwa keputusan KPU RI tidak akan berbeda dengan apa yang ditetapkan oleh pleno terbuka KPUD Cianjur. 

Alokasi 50 kursi DPRD Kabupaten Cianjur, 11 kursi milik partai Gerindra, 8 kursi milik partai Golkar, 6 kursi untuk partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, PDIP dan PKB masing-masing 5 kursi, PAN 3 kursi dan PPP 2 kursi, komposisi anggota DPRD Kabupaten Cianjur pun diisi oleh 21 anggota DPRD pendatang baru.

Yang menarik selanjutnya adalah bahasan : "siapa pemilik kursi Ketua DPRD ?", kalau melihat komposisi anggota DPRD Cianjur hasil pileg 2019 yang baru saja terlaksana, maka dapat dipastikan kursi ketua DPRD menjadi milik kader partai Gerindra, siapa sosok sang kader partai Gerindra ini ? dari berbagai informasi langsung dari pengurus DPC Partai Gerindra dan hasil obrolan ringan warung kopi, sedikit kami sampaikan analisa mengenai sang sosok kader partai Gerindra ini.

 Ada 3 sosok kader partai Gerindra yang digadang-gadang menjadi calon pengisi kursi Ketua DPRD Cianjur, ketiganya yaitu Andri Suryadinata (saat ini Wakil Ketua DPRD), Sahli Saidi (saat ini Ketua Fraksi GPN) dan anggota DPRD pendatang baru, Prasetyo Harsanto. 

Dari ketiga kader terbaik partai Gerindra ini, siapa yang paling pantas ? Untuk menjawab ini ada beberapa parameter yang bisa dijadikan pedoman, pertama raihan suara pada pileg 2019 lalu, kalau melihat ini jelas maka Andri Suryadinata lah yang berhak menduduki kursi ketua DPRD Cianjur masa bakti 2019-2024. 

Kedua, parameter pengalaman dan posisi di struktur DPC Partai Gerindra Cianjur, ketiga orang kader terbaik partai Gerindra ini jelas saat ini ketiganya merupakan elit partai Gerindra di Cianjur, Prasetyo Harsanto adalah sekretaris DPC Partai Gerindra, sedangkan Andri Suryadinata menduduki posisi bendahara, namun dari sisi pengalaman, publik sepertinya lebih banyak berharap agar Andri Suryadinata menakhodai lembaga perwakilan rakyat untuk 5 tahun kedepan.

 Harapan publik ini berdasar pada pengalaman beliau menjadi wakil ketua DPRD Cianjur selama 5 tahun kebelakang, Andri Suryadinata dianggap lebih memahami suasana rumah tangga lembaga legislatif ini, publik juga menilai selama 5 tahun menjadi anggota DPRD Cianjur Andri Suryadinata adalah sosok aleg yang bersih dari isue negatif dan tidak neko-neko, singkatnya dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimilikinya publik menyimpulkan bahwa Andri Suryadinata adalah sosok yang paling pantas untuk menduduki posisi Ketua DPRD Cianjur 5 tahun ke depan. 

Parameter ketiga, untuk menganalisa siapa sosok kader partai Gerindra yang pantas menduduki kursi ketua DPRD untuk 5 tahun kedepan, tentu saja selera lembaga partai, dalam hal ini rekomendasi DPP Partai Gerindra, kepada siapakah restu DPP Partai Gerindra akan diberikan ? Publik tentu saja berharap agar DPP Partai Gerindra taat kepada aturan main, artinya kalau DPP Partai Gerindra taat aturan main dan sungguh-sungguh memperhatikan rekam jejak dan prestasi kader, kiranya restu pun tidak akan berbeda dengan kehendak mayoritas publik yang menginginkan Andri Suryadinata menakhodai lembaga legislatif Cianjur ini.



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar