Caleg Nasdem Dituntut 6 Bulan Kurungan dan 1 Tahun Percobaan Serta Denda

Caleg Nasdem Dituntut 6 Bulan Kurungan dan 1 Tahun Percobaan Serta Denda


CIANJUR. Maharnews.com - Sidang pidana pemilu dengan terdakwa Ati Awie (AA) yang merupakan calon legislatif (Caleg) dari partai Nasdem, di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Cianjur terus berlanjut hingga agenda pembacaan tuntutan, Rabu (19/12/2018). Dalam pembacaan tuntutan, AA dituntut dengan hukuman enam bulan kurungan dan satu tahun masa percobaan serta membayar denda.

Seusai pembacaan tuntutan oleh JPU, Hakim Ketua, Lusiana Amping mempersilahkan kuasa hukum terdakwa untuk mempersiapkan bantahan (Pledoi) terhadap tuntutan. Disepakati pembacaan pledoi akan dilakukan hari ini juga, pukul 16.00 Wib, Rabu (19/12/2018).

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Mila Susilawati tidak ingin berkomentar banyak terkait tuntutan. Menurutnya, sesuai dengan tuntutan yang dibacakannya terdakwa terbukti secara sah bersalah demi hukum atas pelanggaran pidana pemilu.

"Tuntutannya 6 bulan kurungan, 1 tahun masa percobaan dan denda 24 juta rupiah," tuturnya saat dikonfirmasi seusai sidang.

Ditanya hal yang memberatkan, Mila mengaku dalam tuntutan tidak ada yang memberatkan. Terdakwa menyesal atas perbuatannya dan tidak berbelit-belit dalam keterangnnya.

"Tidak ada hal yang memberatkan," ucapnya.

Terpisah, Divisi penindakan pelanggaran, badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna mengatakan proses pengadilan secara keseluruhan diserahkan ke JPU. Terkait tuntutan, secara kelembagaan bawaslu sudah melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Kita menghormati proses hukum yang berlangsung," pungkasnya. (wan)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar