Delapan PJS Kades di Lantik Camat Sukaluyu

Delapan PJS Kades di Lantik Camat Sukaluyu

Foto : Prosesi pelantikan Delapan PJS Kades (doc mahar)


CIANJUR. Maharnews.com - Mewakili Bupati Cianjur, Delapan anggota Pegawai Negri Sipil (PNS) disumpah dan dilantik Camat Sukaluyu, sebagai Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa, Jumat (13/9/2019).

Pengangkatan PJS Kepala Desa Hegarmanah, Desa Selajambe, Desa Sindangraja, Desa Sukasirna, Desa Sukamulya, Des Tanjungsari, Desa Panyusuhan dan Sukaluyu dilakukan lantaran masa jabatan masing-masing kepala desa definitif telah habis.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan delapan PJS berlangsung diselenggarakan di gedung serbaguna Desa Tanjungsari.

Dihadiri unsur muspika, Danramil Sukaluyu, Kapolsek Sukaluyu, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), BPD, LPM,  APDESI, ABPEDNas, Tokoh Agama (MUI), Tokoh masyarakat dari masing-masing desa.

Camat Sukaluyu Agus Supiandi usai melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan pada kesempatannya kepada awak media menyampaikan. 

"Tugas PJS Kepala Desa, salah satunya adalah mengantarkan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020 mendatang sampai dilantiknya Kepala Desa definitif.

Pjs itu ada resiko terutama dalam menjalankan tugasnya, karena mereka punya tugas ganda selain menjadi perangkat kecamatan. Mereka harus kontisten dalam melaksanakan tugas, walaupun ada tugas tambahan menjadi penjabat kades. 

Kita berharap kepada PJS, satu kinerja tetap terjaga, Kedua bersikap amanah karena mereka akan melaksanakan amanat Negara dan masyarakat," Tandasnya.

Selain itu Agus Supiandi menegaskan, Bulan hanya ucapan justru untuk menjaga sikap amanah mereka kita menerapkan meminta fakta integritas dari mereka dalam melaksanakan tugas menjabat Kepala Desa.

"Artinya hitam diatas putih ada sebuah perjanjian, mereka harus melaksanakan tugas penuh dengan amanah. Tentunya kami atas nama Pemerintah Kecamatan Sukaluyu mendapat mandat dari Bupati, untuk menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya.

Kemudian ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kita ucapkan kepada Kepala Desa yang selama mereka berbakti dalam kurun waktu 6 tahun sesuai masa baktinya.

"Karya mereka mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat, kemudian pengabdian selama 6 tahun mudah-mudahan jadi amal soleh," Ucapnya.

Nanang Durahman PJS Desa Tanjungsari mewakili PJS lainnya mengatakan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas dilantiknya menjadi PJS Kades. 

Tentunya program yang pertama kita akan  menyukseskan pilkades, kemudian menyelesaikan program-program pembangunan Kades yang terdahulu untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat dan  meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Kemudian karena daerah tugas saya di Desa Tanjungsari yang memiliki lahan pertanian,  Jadi kita akan prioritaskan saluran-saluran air, karena sering terjadi kekurangan air, untuk para petani,"Ucapnya.

Sementara ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNas) Sukaluyu, Usep Sukur menyampaikan.

"Alhamdulillah pada hari ini, semua pihak sudah menjadi saksi bahwa telah berakhir sesuai TMT delapan Kades itu tanggal 13 hari ini, dan sesuai tahapannya bahwa PJS Kades sudah dilantik oleh Camat Sukaluyu. 

Berkaitan dengan kiprah rekan-rekan Kades yang Pernah tugas, Alhamdulillah secara umum mereka telah melaksanakan tugasnya, seperti yang disampaikan oleh pak Camat.

"Mereka masih ada kesempatan untuk tampil kembali dalam perhelatan Pilkades serentak pada tanggal 23 Februari," Tuturnya.

Senada dikatakan Wawan, ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesai (APDESI) kecamatan Sukaluyu.

"Mudah mudahan delapan PJS yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, bisa membawa Desanya masing-masing, lebih baik, benar dan lebih lurus," Harapnya.

Terpisah Kaposmil Ciranjang, Peltu Dedi Sumardi berharap kepada seluruh PJS yang baru saja dilantik untuk selalu bersinergi dengan baik bersama para Kades yang sudah Purna bakti.

Menurutnya," kepada para PJS ini untuk menutupi dan menambal apa yang menjadi kekurangan pejabat Kades yang definitif agar sinergitas baik, baik itu internal sendiri dan diperangkat, serta memberikan pengetahuan dan wawasan yang dia punya untuk mensejahtrakan. Bukan berarti materi tapi kesejahteraan dibidang ilmu itu satu. 

Kemudian keselarasan dan sinergitas dengan kelembagaan yang lain, setiap pekerjaan dan keterbukaan keuangan dan sebagainya, Agar mereka tidak saling mencurigai.(Cr2/cr3).

 

 

 





Video Terkait:


Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar