Jalur Bisa Amankan 49 ODGJ di Kota Tatar Santri

Jalur Bisa Amankan 49 ODGJ di Kota Tatar Santri


CIANJUR. Maharnews.com - Program Jalanan Cianjur bersih dari orang dengan gangguan jiwa (Jalur Bisa) kembali digelar, di wilayah Simpang Ramayana, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Rabu (30/10/2019). Kali ini 49 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang diantaranya terdiri dari 40 laki-laki dan sembilan perempuan ditertibkan.

Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengungkapkan progam tersebut merupakan hasil kejasama pihaknya bersama Klinik Harapan Sehat (HS) dalam rangka HUT TNI ke-74 tahun. Tentunya kegiatan ini di dukung oleh Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman. 

"Mudah mudahan kita bisa memanusiakan manusia yang sehat dan Isya Allah progam ini bisa berjalan terus sehingga Cianjur ini bebas dari orang gangguan jiwa," ungkapnya.

Rendra mengatakan program Jalur Bisa sudah dimulai kemarin (Selasa, 29/10/2019) sudah dilaksanakan. Melihat banyaknya ODGJ di Kota Tatar Santri, Ia menduga itu kiriman dari wilayah luar Cianjur, bahkan Ia berniat akan mengusut kecurigaannya tersebut.

"Oleh karena itu kami akan jalin kerjasama dengan Dinas sosial, Kami akan mendata dari daerah lain sehingga apabila di daerah lain berkurang, kurangnya kemana. Apakah di ke Cianjur kan?,  Kami bakal proses lebih lanjut," tegasnya.

Sementara, Ketua pelaksana Jalur Bisa, dr. Yusuf Nugraha dari Klinik Harapan Sehat menuturkan ODGJ yang diamankan akan dibawa ke Rumah singgah Danti. Selain itu, setiap enam bulan sekali akan ada evaluasi.

"Setiap enam bulan sekali kita akan evaluasi dan mengecek jalanan Cianjur, jadi bukan hari ini saja," tuturnya.

Yusuf menyebut selain tindakan pengamanan ODGJ, akan ada penanganan dari sisi medis yang melibatkan RSUD Cianjur, Cimacan dan psikiater. Jika memang nanti diperlukan rehabilitasi akan ditangani oleh Panti Aura Welas Asih.

"Kalau sudah membaik kami akan kembalikan ke keluarganya masing-masing," pungkasnya.

Masih di lokasi bakti sosial, Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman berharap kedepan tidak ada lagi ODGJ di jalan Cianjur. Herman mengucapkan rasa terima kasihnya dan memastikan akan mendukung penuh terkait kegiatan sosial tersebut.

"Terima kasih atas kepeduliannya, pemerintah senantiasa akan mendukung gerakan sosial kemanusiaan, dalam rangka memanusiakan manusia," pungkasnya. (cr1/cr3)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar