Jumlah KPM BPNT Tak Bisa Ditambah, Tambal Sulam Solusinya

Jumlah KPM BPNT Tak Bisa Ditambah, Tambal Sulam Solusinya


CIANJUR. Maharnews.com – Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kabupaten Cianjur mencapai 189,802 per Juni 2018. Jumlah itu merupakan hasil akhir dari indikasi double dan gagal buka rekening Kolektif (Burekol).

Ketua Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Cianjur, Ruly Abdul Azis mengatakan nilai itu tidak dapat ditambah, karena itu kewenangan pusat. Meski begitu, solusi ‘tambal sulam’ masih memungkinkan untuk dilakukan.

“Penambahan jumlah KPM tidak mungkin, tetapi sangat memungkinkan untuk ‘tambal sulam’. Artinya keika ada KPM yang meninggal tunggal, pindah alamat, atau tidak diketahui orangnya, itu dapat diajukan melalui mekanisme aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKNG),” ucapnya.

Lebih detai Ruly menerangkan bahwa jumlah KPM merupakan kewenangan pusat yang sudah ditentukan pada tahun sebelumnya. Selain itu jumlah itu sangat berkaitan erat dengan pagu anggaran yang dialokasikan.

“Tidak mungkin bertambah, misal di Cianjur pengen menjadi 200 ribu KPM, otomatis anggaran APBN harus bertambah, sedangkan penentuan anggaran di tahun sebelumnya,” terangnya.

Menurut Ruly tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat akan menambah jumlah KPM tetapi bukan pada tahun anggara 2019. Sehingga masyarakat yang belum terdaftar dapat saja diajukan untuk tahun selanjutnya.

“Namun kembali lagi bahwa hal itu menjadi kewenangan pusat,” sebutnya. (wan)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar