Kemenperin Bina dan Fasilitasi Pelaku UKM Bogor

Kemenperin Bina dan Fasilitasi Pelaku UKM Bogor


BOGOR. Maharnews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI gelar kembali Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Wirausaha Industri Kecil, Menengah dan Aneka se-Kota Bogor. Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini bertempat di Hotel Ririn, Jalan Ciburial Indah 1, Baranangsiang, Kota Bogor. 

Kepala Sub Direktorat Program dan Pengembangan Direktorat Industri Kecil dan Menengah (IKM), Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Kemenperin RI, Siska Farida Ariani menuturkan, kegiatan ini merupakan penutupan dari berbagai rangkaian yang di selenggarakan Kementrian Perindustrian.

"Semua peserta berasal dari Kota Bogor, yakni pelaku UKM.  Mereka di sini kurang lebih selama lima hari untuk dididik kewirausahaannya secara teknis," ujarnya (21/02/2019).

Siska menyebut kegiatan itu memberikan ruang bagi pelaku IKM untuk berkonsultasi terkait jenis mereknya serta membantu dalam segi kemasannya secara gratis. 

"Mungkin masih banyak para pelaku usaha yang belum mengetahui prosedurnya dan di kementerian ini pun banyak sekali fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku IKM, jadi silahkan datang untuk berkonsultasi sebelumnya," tutupnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota bogor, Dinar Dahlia menyampaikan akan membantu para pelaku usaha dengan memfasilitasi dari APBD dengan catatan memiliki sertifikat halal. 

"Melihat dari tiga komoditi ini contohnya kopi, minimal mereka punya sertifikat halal, semoga nantinya dari APBD kota Bogor bisa membantu pelaku-pelaku usaha tersebut," ucapnya. 

Sementara, Cut Emma, selaku narasumber kegiatan bimtek yang juga menjabat sebagai dewan pembina Baraya eka Sastra ini mengatakan, keterlibatan UKM Eka Sastra kepada perindustrian di Kota Bogor ini sebagai bentuk itikad untuk dapat memajukan UMKM yang ada di Kota bogor melalui Rumah Usaha Baraya Eka Sastra.

"UKM Eka sastra ini merupakan rumah usaha dimana pada tahun 2014 kita memang sudah konsen memadukan usaha UKM kecil terutama dalam mengembangkan pasar bisa mengadakan suatu barang atau jasa sehingga bisa saling mendukung para pelaku usaha," pungkasnya. 

Baraya Eka Sastra ini merupakan sebutan tim Pemenangan Eka Sastra dalam pemilihan Calon Anggota Legislatif DPR RI tahun 2014, pasca terpilihnya menjadi anggota dewan dirinya mulai membentuk Kegiatan-kegiatan untuk membantu masyarakat seperti Rumah Usaha, Rumah Bantuan Hukum, dan Rumah sehat. Saat ini Eka Sastra duduk sebagai anggota komisi VI DPR RI dari partai Golkar. (AP)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar