KPU Salah Input, NIK e-KTP Milik WNA Dipastikan Valid

KPU Salah Input, NIK e-KTP Milik WNA Dipastikan Valid

 

CIANJUR. Maharnews.com - Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur Muchsin Sidiq Elfatah memastikan (Nomor Induk Kependudukan) NIK yang tertera di e-KTP milik Warga negara Asing (WNA) tersebut benar adanya alias valid.

“Satu NIK untuk satu nama, itu NIK valid, karena kami cek tidak mungkin ada data ganda,” ujarnya saat ditemui seusai pertemuan dengan pihak imigrasi Sukabumi, Selasa (26/2/2019).

Ditanya terkait ada tidaknya koordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Muchsin masih menunggu kabar dari KPU. Intinya Disdukcapil hanya mengeluarkan satu NIK untuk WNA itu.

“Kami masih menunggu kabar dari KPU,” jawabnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi memastikan ada kesalahan input baik itu di pusat atau di Panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP). Ia memastikan tidak ada WNA yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“NIK yang mirip dengan WNA itu sudah ada dalam DPT sejak Pilgub Jawa Barat tahun 2018. Sementara NIK atas nama WNA itu terbit tahun 2018. Jadi tidak ada duplikasi data,” ujarnya saat konferensi pers di kantor KPU di Jalan Suroso.

Hilman memastikan adanya pemilih dari WNA masuk dalam DPT adalah tidak benar alias hoax. 

“Intinya info yang berkembang itu bersifat hoax. Kami sudah menelusuri nama yang disinyalir WNA itu dan semua tidak terbukti. Tidak ada warga asing manapun yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Cianjur,” tegasnya. (wan)
 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar