Masyarakat Minim Kesadaran Hukum, Penanganan Sampah Menjadi Sulit

Masyarakat Minim Kesadaran Hukum, Penanganan Sampah Menjadi Sulit

Foto : Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman saat memberikan sambutan dalam acara silahturahmi dengan masyarakat hukum di Pendopo, Jumat (28/6/2019).



CIANJUR. Maharnews.com - Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman mengadakan acara silahturahmi dengan masyarakat hukum di Pendopo, Jumat (28/6/2019). Ada yang menarik dalam sambutan yang disampaikan orang nomor satu di Cianjur tersebut.

"Pemerintah Cianjur menyadari masih banyak masyarakat Cianjur yang kesadaran hukumnya kurang, salah satu contohnya terkait sampah," ucapnya di hadapan seluruh tamu undangan.

Sekilas ucapan itu seakan-akan memojokkan masyarakat, namun Herman membantahnya dan memberikan penjelasan rinci terkait sambutannya itu. Menurutnya, kalimat itu bukan seakan-akan menyalahkan masyarakat, tidak sama sekali.

"Tidak seperti itu, bukan menyalahkan masyarakat, tetapi ketidaktahuannya. Kalau tahu tidak mungkin akan seperti itu, karena ketidaktahuan," jelasnya seusai acara.

Herman menuturkan dalam mensosialisasikan kesadaran hukum terkait sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi menjadi tugas semuanya, termasuk masyarakat (praktisi, red) hukum. Semua pihak harus turut serta dalam penanganan sampah, jika ingin berhasil.

"Saya yakin jika dikasih tahu, pasti mereka (masyarakat, red) tidak seperti itu lagi. Kalau hanya ditangani pemerintah sendiri itu susah, tidak akan beres-beres," tuturnya.

Kesadaran hukum ini, lanjut Herman sangat perlu ditingkatkan. Hal itu yang menjadi dasar acara silahturahmi yang ia laksanakan.

"Kebersihan itu kan sebagian daripada iman. Karena itu dengan acara ini diharapkan masyarakat hukum dapat diajak berkolaborasi, diskusi dan dapat menyampaikan kepada masyarakat Cianjur dalam membantu pemerintah mewujudkan masyarakat sadar hukum," bebernya. (wan)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar