Menapak Senja di Sungai Citarum

Menapak Senja di Sungai Citarum

Foto : Susana menjelang senja di aliran sungai Citarum.


CIANJUR.Maharnews.com - Sorot mentari tak lagi terik menerpa kulit para pencari ikan di aliran sungai Citarum yang melintasi Kampung Muhara, Kabupaten Cianjur.

Redupnya sorot mentari mengiringi semilir angin yang terasa sejuk, seakan membawa kedamaian hati si pemilik kail yang sedari pagi menanti sebuah jawaban sang ikan yang tak kunjung menyantap umpan.

Sejumlah rakit tampak hilir mudik ditengah aliran sungai yang katanya kini mulai harum itu. Belasan kali jala di lempar para nelayan ke tangah air, namun tetap saja tak terlihat satupun ikan yang menyangkut di tali jala mereka.

Bisa jadi sang ikan tengah berlibur, karena kebetulan hari ini tanggal merah, tepatnya Minggu (21/7/2019). 

"Boa keur liburan nya mang lauk teh (Mungkin sedang liburan ya mang ikan nya)," celetuk Wawan salah seorang pewarta, sambil tertawa lepas seraya menarik kail pancingannya yang tak kunjung di capluk ikan.

Kesabaran memang bukan sekadar basa basi saat memancing. Bisa jadi itu merupakan kunci yang paling utama untuk bisa menjadi pemancing handal. Berulang kali umpan di lempar ke tengah, berulang kali pula impian yang didapat.

Meski ikan tak kunjung didapat, sang pewarta terlihat tetap happy. Indahnya panorama senja di sungai Citarum rupanya yang menjadi obat penawarnya. 

"Mantap suasananya, jadi ingat kampung halaman, sewaktu mancing di sungai Kapuas,"kata Wawan sambil melempar kail pancingannya.

Tak dipungkiri alam mampu memberikan kedamaian di hati setiap manusia. Rasa gundah gulana, penat pikiran maupun kegalauan bisa sirna seketika saat raga dan hati menyatu dengan alam, seraya mengucap syukur kepada sang pencipta. (Nuk)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar