Polres Cianjur Resmi Launching Program Kang Bhabin

Polres Cianjur Resmi Launching Program Kang Bhabin


CIANJUR. Maharnews.com - Peringati hari Sumpah Pemuda, Polres Cianjur gelar acara di Lapangan Prawatasari, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Minggu (27/10/2019). Dalam kegiatan festival millenial itu secara resmi program Kang Bhabin di launching.

Informasi dihimpun maharnews, acara disambut antusias oleh masyarakat, tercatat sekitar 5 ribu orang hadir dalam kegiatan tersebut. Program Kang Babin merupakan progam unggulan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan Peringatan hari Sumpah Pemuda ke 91 kali ini mengambil tema 'Bersatu kita maju'. Tema itu diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda bangsa itu adalah keharusan.

"Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kemampuan, inovatif dan kreatif yang tinggi. Serta mampu bertahan dan unggul menghadapi persaingan dunia," ucapnya saat memberikan sambutan.

Juang menerangkan dengan program Kang Bhabin, nantinya para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Cianjur, selain melaksanakan tugas pokok utamanya sebagai Bhabinkamtibmas di Desa, juga akan melaksanakan Pembinaan dan melatih terhadap Polisi Cilik (Pocil) di sekolah TK dan SD di desa. Tujuan utamanya untuk menanamkan sejak usia dini Budaya Keamanan, Ketertiban, Keselamatan, Kelancaran Lalu lintas (Kamtibselcarlantas).

"Nantinya, ada juga pelatihan Safety Riding bagi masyarakat yang akan mengikuti proses ujian Surat  Ijin Mengemudi (SIM)," terangnya.

Di acara tersebut juga kepada Bhabinkamtibmas secara simbolis diserahkan poster Kang Bhabin. Berikut secara detail tugas pokok dan tambahan yang kini harus dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas.

Tugas Pokok Kang Bhabin :

  1. Kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah pengawasannya.
  2. Melakukan dan membantu pada pemecahan masalah.
  3. Melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat.
  4. Menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana.

Tugas Tambahan Kang Bhabin :

  1. Sebagai pelatih Polisi Cilik Desa.
  2. Sebagai Pelatih Safety Riding.

(wan)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar