PT DFK Diduga PHK Sepihak 6 Pekerjanya

PT DFK Diduga PHK Sepihak 6 Pekerjanya


CIANJUR. Maharnews.com - Enam buruh wanita PT. Dalim Fideta Kornesia (PT DFK) mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diduga merupakan keputusan sepihak perusahaan. Tetapi HRD PT DFK berdalih itu bukan PHK tetapi habis kontrak.

Informasi yang dihimpun maharnews, sedikitnya ada 6 buruh PT. DFK yang di PHK , salah satu korban menjelaskan ia tidak tahu bahwa kontrak kerjanya sudah berakhir dan tidak diberikan keterangan yang jelas terkait tidak diperpanjang kontrak kerjanya.

"Katanya masa kontrak sudah habis dan gak akan bisa diperpanjang lagi. Seingat saya yang jelas habisnya kontrak kerja saya bukan di bulan Agustus," tuturnya sembari meminta untuk disamarkan identitasnya.

Korban lainnya yang juga bernasib sama menegaskan tidak pernah menerima surat PHK, melainkan surat pemberitahuan yang menerangkan masa kontraknya akan habis. Meski masih ada beberapa hari lagi masa kontraknya, namun dirinya sudah tidak diperbolehkan untuk masuk dan beraktivitas di PT. DFK.

"Di surat pemberitahuan tertulis tanggal 31 Agustus 2019 habis masa kontraknya, tapi tanggal 26 saya tidak diperbolehkan bekerja lagi," ungkapnya.

Sementara, perwakilan PT. DFK, Iid Afriandi selaku HRD membantah adanya PHK. Ia beralasan masa kontrak kerja sudah berakhir dan kondisi perusahaan yang sedang tidak stabil.

"Ya Habis kontraknya bulan sekarang. Produksi kurang lancar kata direksi pusat mah," ucapnya saat dikonfirmasi via aplikasi pesan.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur, Kuswara memastikan pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan adanya dugaan PHK sepihak yang dilakukan oleh PT. DFK.

"Harus ada pengaduan, nanti ditindaklanjuti. Karena perusahaan tidak bisa sewenang-wenang begitu saja, ketika kontraknya masih berjalan lalu diputus di tengah jalan tanpa ada kesalahan yang otentik dari pihak si pekerja," pungkasnya. (wan/cr2)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar