Rayakan HJC ke 342 HIPPAPN Gelar Kontes Ayam Pelung

Rayakan HJC ke 342 HIPPAPN Gelar Kontes Ayam Pelung

Foto : H. Iwan Rio didampingi peserta kontes Camat Warungkondang Chandra Dwi Khusumah


CIANJUR. Maharnews.com - Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) Kabupaten Cianjur menggelar  Kontes Ayam Pelung (KAP) tingkat nasional, Minggu (21/7/2019). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Jadi Cianjur (HJC) ke 342.

Kontes berlangsung di Area halaman kantor Bupati Cianjur, dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Cianjur, H. Herman Suherman. Kompetisi diikuti peserta HIPPAPN dari sejumlah wilayah Kota Kabupaten dan Provinsi.

Seorang peserta kontes dari Jawa Tengah, Yanto (40) mengaku senang mengikuti kontes Ayam Pelung yang dibuka secara Nasional dewan pimimpinan pusat (DPP HIPPAPN).

"Kita cukup senang dan juga mengapresiasi kegiatan kontes Ayam Pelung ini. Kendati kita tidak jadi juara. Harapan kita ya' kedepan kita jadi juara dan kegiatan kontes Ayam Pelung ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan," ujarnya.

Hal senada juga diucapkan Dede (60). Menurutnya kontes ini sangat mengembirakan para peserta terutama para penggemar Ayam Pelung. 

"Pokoknya luar biasa mengikuti kontes ini, selain jurinya sangat terbuka dan netral juga hadiah banyak," ucapnya.

Sementara, Ketua panitia H. Iwan Rio Mustofa yang juga merangkap sebagai ketua HIPPAPN mengatakan kontes Ayam Pelung diselenggarakan HIPPAPN merupakan perayaan Milangkala hari jadi Kabupaten Cianjur yang ke 342. Kegiatan kontes ayam pelung (KAP)  dibuka secara nasional, dengan diikuti peserta  dari seluruh kota dan dari luar kota, bahkan peserta ada yang dari Palembang dan Madura, banyak yang datang mengikuti kontes ayam pelung tersebut.

"Banyak yang mendaftar jadi peserta hingga 1500, namun yang kita terima hanya 1000 peserta. Hal itu dikarena kegiatan kontes Ayam Pelung sehari harus beres, jadi memang sehari harus beres. Adapun yang kita nilai seninya kontes Ayam Pelung dari Suara, bobot sama penampilan," terangnya.

Iwan Rio berharap kedepan kontes Ayam Pelung menjadi agenda tahunan.

"Harapan kami kedepan kegiatan kontes Ayam Pelung jadi agenda tahunan, karena sistem penjurian netral tidak ada pengondisian," harapnya.

Terpisah, Camat Warungkondang Chandra Dwi Khusumah yang juga turut berpartisipasi sebagai peserta kontes Ayam Pelung mengapresiasi kegiatan kontes Ayam Pelung yang diselenggrakan HIPPAP Nusantara.

"Alhamdulillah tadi kontes dibuka Plt Bupati Cianjur pak H. Herman Suherman, ini Open kontes terbesar, yang pesertanya sampai 1000 lebih. Dan kami ikut partisipasi mengirimkan peserta kontes lima ekor Ayam, bukan tujuannya untuk jadi juara, tapi untuk memeriahkan dan mudah-mudahan, khasanah Ayam Pelung di bumi kelahiranya bisa jadi juara," tutupnya. (nn)

 





Video Terkait:


Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar