Solar Subsidi Peruntukannya untuk Siapa?

Solar Subsidi Peruntukannya untuk Siapa?

Foto : Garis polisi menjadi pemandangan baru di lokasi proyek pembangunan Citymall yang sempat diabadikan oleh warga. (Ist)



CIANJUR. Maharnews.com - Solar subsidi jelas peruntukkannya sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014‎ tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran bahan bakar minyak. Namun, fakta di lapangan masih ada oknum yang berbuat curang demi mendapatkan keuntungan berlipat.

Informasi dihimpun, salah satu proyek besar di Kota Tatar Santri, yaitu pembangunan Citymall diduga menggunakan solar bersubsidi dalam operasionalnya. Alhasil garis polisi menjadi pemandangan baru di lokasi proyek dan sempat diabadikan oleh warga.

Mengacu pada aturan, solar subsidi hanya ditujukan bagi rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum. Sedangkan yang tidak berhak menggunakan Solar subsidi seperti angkutan transportasi CPO, batu bara, dan komoditas industri lainnya.

Terkait penggunaan solar subsidi untuk usaha mikro, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian, Kabupaten Cianjur, Himam Haris menegaskan peruntukkan solar subsidi tidak boleh perusaahaan atau proyek pemerintahan. Peruntukkannya lebih untuk usaha mikro masyarakat seperti Usaha kecil menengah (UKM).

"UKM pun harus mendapatkan rekomendasi dari dinas," tegasnya saat ditemui di lapangan parkir gedung wakil rakyat beberapa waktu lalu.

Himam memastikan tidak pernah mengeluarkan rekomendasi penggunaan solar subsidi untuk industri apalagi perusahaan, selain UKM. Ia mempersilahkan menanyakan langsung kepada industri yang bersangkutan.

"Alhamdulillah tidak pernah," pungkasnya. (wan/nuki)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar