Stok Darah Susah, Balita Butuh Donasi Darah dan Biaya

Stok Darah Susah, Balita Butuh Donasi Darah dan Biaya

Foto : Septian Dafid Maulana, balita berumur 8 bulan terbaring lemas di ruang Mawar, RSUD Sayang Cianjur, Rabu (17/7/2019).


CIANJUR. Maharnews.com – Septian Dafid Maulana, balita berumur 8 bulan dari pasangan keluarga tidak mampu Agus dan Masropah warga Kampung Cimalati RT 01/01, Desa Sukaluyu Kecamatan Cikadu, terbaring lemas di ruang Mawar, RSUD Sayang Cianjur, Rabu (17/7/2019). Ia didiagnosa kekurangan cairan dan kekurangan darah, malangnya golongan darah balita itu terbilang susah dicari.

Aktivis Cianjur, Edwin Nursalam yang membantu segala pengurusan terkait perawatan balita itu mengaku kewalahan dalam mencari darah yang diperlukan. Pasalnya meski telah berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Jawa Barat, tipe darah yang dicari tetap kosong.

“Udah ke beberapa PMI yang ada di Jawa Barat, seperti PMI Bandung dan Sukabumi tidak ada darah buat septian. Saya langsung bantu carikan ke PMI Jakarta,” aku Edwin yang juga menjabat sebagai Wakil Sekertaris Bidang PTKP (Perguruan Tinggi Kemahasiswaan Dan Pemuda) HMI Cianjur.

Meski begitu, menurut Edwin pencarian tipe darah Septian juga butuh biaya yang lumayan. Karena stok darah yang ada harus diseleksi ulang, agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Jadi biaya yang dibutuhkan juga lumayan. Darahnya harus diseleksi lagi. Misal ada 25 kantong darah tipe O, kemudian diseleksi ternyata hanya cocok satu, maka biaya yang harus dibayar tetap 25 kantong, dengan ongkos perkantongnya Rp 25 ribu. Belum lagi biaya perkantong darah yang cocok yaitu Rp 660 ribu,” terangnya.

Karena itu, Edwin berharap kepada siapapun yang ingin membantu dapat langsung menghubunginya atau datang langsung ke RSUD sayang. Baik itu bantuan donor darah ataupun biaya bagi Balita tersebut.

“Septian butuh uluran para dermawan, baik itu donor darah ataupun bantuan biaya. Mohon bantuan Doa dan donasinya dari dermawan yang mau menginfakkan hartanya untuk Septian,” harapnya.

Untuk informasi, anda dapat menghubungi EDWIN NURSALAM - 085797049266 atau langsung datang ke ruang Mawar RSUD Sayang. Anda juga dapat membantu Septian secara online dengan mengklik tautan di bawah ini. 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar