Terdampak Bendungan Jebol, 9 Desa Alami Kekeringan

Terdampak Bendungan Jebol, 9 Desa Alami Kekeringan

Foto : Bendungan Sungai Cikondang Jebol


CIANJUR. Maharnews.com - Bendungan Sungai Cikondang yang berada di Kampung Irigasi Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, salah satu saluran Air yang jadi urat nadi bagi kehidupan warga yang terdampak Jebol.

Informasi yang dihimpun dan keterangan dari beberapa nara sumber yang dipercaya, peristiwa jebolnya Bendungan Cikondang, diduga penggurusan di bawah bendungan. Sehingga bendungan tidak kuat menahan arus Air besar.

Peristiwa jebolnya bendungan tersebut, terjadi pada saat musim hujan beberapa bulan kebelakang, tahun 2019. Dampak dari peristiwa tersebut, 9 Desa dan sebanyak 1070 hektar sawah mengalami kekeringan, hingga Gagal Panen.

Ketua RW 07 M. Yusup yang kebetulan sedang melaksanakan kegiatan pembangunan Sodetan secara swadaya dilokasi Bendungan Cikondang kepada maharnews.com, Minggu (30/6/2019) siang pukul 11.30 WIB, mengatakan, proses pembangunan Bendungan masih lama, sedangkan warga perlu air.

Terpaksa masyarakat secara swadaya membangun sodetan agar mendapatkan pasokan Air dari bendungan ini. Saking perlu dan butuh air, makanya masyarakat berbondong bondong mau kerja bakti membuat sodetan untuk mengairi sawah.

"Bendungan ini sungai Cikondang ini merupakan urat nadi, yang mengairi 9 Desa dan sawah kami. Coba bayangkan akibat dari peristiwa tersebut. Jangankan sawah, sumur-sumur juga pada kering, apalagi kemarin menjelang hari raya idul fitri, saking tidak ada Air, masyarakat sampai membuat sumur di tengah sawah,"Keluhnya.

Senada dikatakan Agus 40 tahun, Dampak dari bendungan tersebut, ada 1070 hektar sawah dan Desa mengalami kekeringan. Jadi jelas masyarakat sudah resah, jangankan untuk mengairi sawah, untuk kebutuhan saja air tidak ada, ini sudah parah sekali, bahkan petani satu musim ini Gagal panen.

"Harapan kami selaku warga, ya pembangunan bendungan dipercepat, karena kami begitu sangat membutuhkan Air, karena Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital yang dibutuhkan oleh orang banyak,"Harapnya.

Pantauan, Bendungan Cikondang yang saat ini kondisinya jebol, di akibat arus Air dan penggurusan di bawah bendungan, nampak belum ada perbaikan dari Dinas terkait.

Namun perbaikan yang baru dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumberdaya Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, Baru tahapan pembangunan struktur penahan tebing sungai (SPTS). (Nn)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar