Intip Pilkada Cianjur, Pengamat : Sosok Ketua Punya Kans Jadi Bupati

Intip Pilkada Cianjur, Pengamat : Sosok Ketua Punya Kans Jadi Bupati

CIANJUR.Maharnews.com- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menjadi tahapan selanjutnya dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dinamika dan konstelasi nya sudah terlihat di Kabupaten Cianjur. 

Baliho dan Spanduk bakal calon terlihat hampir memenuhi sudut sudut Jalan Raya, persimpangan dan jalan jalan pedesaan. 

Satu sosok yang menarik dari sederet nama yang saat ini digadang gadang bakal calon Bupati Cianjur, yaitu Sosok Benny Irawan, yang notabene adalah Kepala Desa dan sekaligus adalah Ketua nya para Kepala Desa Se Cianjur dalam satu organisasi yang di kenal dengan nama APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia). 

Pengamat Politik Bang Buyung menilai hadirnya sosok Beni membuatnya menarik sebab sebagaimana di ketahui, peran Kepala Desa menjadi sangat strategis dalam setiap gelaran Pemilu di negeri ini. Selain sebagai instrumen kekuasaan terbawah di negeri ini, Pemerintah Desa wajib menyukseskan hajat negara yang bernama Pemilu. 

Dari mulai memastikan keberadaan Pemilih atau DPT sampai kewajiban meningkatkan partisipasi pemilih di desa nya, yang otomatis Pak Kades harus mengerahkan semua perangkat desa, tokoh masyarakat dan unsur unsur informal leader yang ada di desa nya, untuk mengajak warga nya datang dan memberikan suara nya di TPS. 

"Disinilah menariknya, sosok kang Benny sebagai Ketua nya para Kades se Cianjur, pasti dia memiliki hubungan emosional yang baik dengan para kades yang menjadi anggota APDESI,"ujarnya. 

Menurutnya, saat ini nama Benny Irawan sudah bisa di katakan, di tokohkan oleh para Kades, baik yang masih menjabat, maupun yang sudah pensiun jadi Kades. 

"Bisa dibayangkan bagaimana jika semua Kades yang masih menjabat, dan para mantan Kades, bersatu padu mengusung Kang Benny ini jadi Bakal Calon Bupati Cianjur, pastinya ini jadi kekuatan politik yang sangat menjanjikan dan berpeluang besar dibanding calon calon lain, bahkan petahana sekali pun,"bebernya. 

Penilaiannya tersebut rupanya berdasarkan fakta di lapangan, melihat sejauh mana peran Kepala Desa dalam pelaksanaan Pileg dan Pilkada,. 

"Ingat peran kadss begitu penting dan menjadi catatan tersendiri, terutama di Kabupaten Cianjur. Tinggal bagaimana sekarang ini, catatan yang baik dan bermaslahat bagi kepentingan Rakyat Cianjur harus di torehkan dalam tinta emas perjalanan  sejarah Kabupaten Cianjur,"pungkasnya. (BL)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE