Kecamatan Bojongoicung Deklarasi SBS

Kecamatan Bojongoicung Deklarasi SBS

Foto : Saluran irigasi DI Cihea yang melintasi Kecamatan Bojongpicung masih menjadi salah satu lokasi yang digunakan warga buang air besar


Upaya menggiring masyarakat untuk berperilaku hidup sehat terus dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Cianjur. Salah satunya dengan mengajak untuk tidak lagi buang air besar disembarang tempat.

Terkait hal itu, jajaran muspika dan muspida se Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur menggelar deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di aula Kantor Kecamatan Bojongpicung, Senin (17/9/2018).

Camat Bojongpicung, Iyus Yusuf mengatakan, deklarasi SBS ini sebagai komitmen sekaligus langkah kita untuk mendorong masyarakat meninggalkan perilaku berisiko melalui peningkatan sanitasi yang layak.

"Program ini tentunya perlu ada dukungan dari semua pihak. Makanya tadi semua Kepala Desa diminta hadir juga, karena Dana Desa (DD) bisa dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan program SBS,"ujar Iyus saat ditemui seusai acara.

Kepala Puskesmas Bojongpicung, Heni mengungkapkan masyarakat Bojongpicung belum sepenuhnya sadar soal buang air besar, artinya selama ini masih ada sebagian masyarakat yang tetap membuang hajat dimana saja.

"Inikan soal perilaku, pasti perlu dilakukan secara kontinyu untuk mengajak sekaligus menyadarkannya. Tidak bisa hanya sekali atau dua kali, karena untuk merobah perilaku, tak semusah membalikan telapak tangan. Perlu dukungan semua pihak,"terangnya. 




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE