Gubernur Jabar, Bidik Desa Gekbrong Jadi Dewi

Gubernur Jabar, Bidik Desa Gekbrong Jadi Dewi

Foto : Wakil Gubernur Jabar saat melakukan pelatakan batu pertama pembuka jalan menuju tempat wisata jabali Desa Gekbrong, Selasa (25/8/2020)


CIANJUR.Maharnews.com - Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur, akan menjadi salah satu desa percontohan program pembangunan desa wisata (Dewi) Jabali oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jabar H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Provinsi saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat lewat beberapa pembangunan termasuk program pembangunan desa wisata (Dewi).

"Karena potensi di desa itu sangat luar biasa, baik itu yang bersifat wisata bahari, wisata jabali atau wisata religius. Disini adalah wisata jabali, karena ada hutan kemudian ada pertanian dan yang lainnya.

Pemerintah akan mendorong satu dalam bidang promosi, kedua membangun sarana dasar, salah satunya jalan, kemudian tempat parkir, musola, toilet dan juga kedei-kedei atau warung-warung kecil yang ada ditempat lokasi wisata.

"Dengan harapan uang yang ada di jawa barat, tidak mutar dikota saja. Tapi juga sampai ke desa. Karena potensi wisata disini sangat menarik, tentunya orang kota akan datang ke sini," Ujar Uu Ruzhanul Ulum, kepada awak media dilokasi dewi jabali desa Gekbrong, Selasa (25/8/2020).

Disinggung kapan program dewi bisa direalisaikan, wakil gubernur Jabar itu belum bisa memastikan, desa mana yang akan dijadikan prioritas desa wisata untuk dijadikan proyek percontohan sebagai sarana dasar yang harus diperhatikan.

"Pak gubernur memerintahkan kepada kami perkabupaten ada sepuluh desa di Jawa barat untuk dijadikan desa wisata," Pungkasnya.

Sementara itu kepala desa Gekbrong Dadang Hikmat Sudarni menuturkan, memang ini merupakan visi dan misi sebagai mana telah dituangkan dalam rencanan pembangunan jangka menenagh desa. Tahun 2020-2026 bahwa Desa Gekbrong insya allah akan merintis desa wisata.

"Tentunya hal ini untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan juga pemberdayaan masyarakat, oleh karena itu petani akan dicoba untuk dikembangkan. Sehingga petani yang ada di Desa Gekbrong bisa lebih maju.

Desa Gekbrong itu adalah salah satu penyangga dari sekitar lebih 50 desa yang ada di tiga Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Nah, itu sangat berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

"Alamnya cukup indah dan sejuk, dan potensi yang bisa dikembangkan di Desa Gekbrong ada kasawan Taman Nasional, kurang lebih 4 hektare kebon pinus, menjadi tempat wisata," Terangnya.

Ditanya mana saja yang berptensi untuk dijadikan obyek wisata, kepala desa Gekbrong mengatakan ada dua curug, yang berpotensi menarik perhatian wisatawan di antaranya Curug Goong dan Curug Satong.

"Kemudian ada tanah SHGU yang digarap oleh para petani, dan akan dikembangkan untuk salah satu destinasi utama ke depannya wisata agro di Gekbrong," Jelasnya (NN)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE