BPBD Cianjur Catat : Ada 40 Kejadian Bencana Alam di Awal Tahun 2021

BPBD Cianjur Catat : Ada 40 Kejadian Bencana Alam di Awal Tahun 2021

Foto : Bencana Alam Pergerakan Tanah di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur (doc grup facebook Batulawang)


CIANJUR. Maharnews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat ada 40 kejadian bencana yang terjadi selama bulan Januari hingga Maret 2021.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan, saat ditemui di kantor BPBD di Gang Lika No. 315 Gudang Aspal, Jl. Siliwangi, Kel. Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Rabu (10/3/2021).

Ia mengatakan, dari 40 kejadian bencana yang terjadi diantaranya, banjir/banjir bandang sebanyak 2 kali, tanah longsor/pergerakan tanah 30 kali, angin puting beliung 7 kali dan cuaca ekstrim 1 kali.

"Pergerakan Tanah, korban pengungsi tercatat sebanyak 42 KK, sementara yang terdampak sebanyak 184 jiwa. Kerusakan rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 9 unit. Rusak sedang 33 unit, rusak ringan 26 unit, tidak rusak 91 unit dan yang terendam 51 unit," beber Irfan.

Irfan menambahkan, saat ini kejadian bencana yang sedang dalam monitoring BPBD yaitu pergerakan tanah di Batulawang, Kecamatan Cipanas.

"Kita terus monitoring kejadian bencana disana. Alhamdulillah berkat kesigapan Tim Retana di lapangan, timbulnya korban jiwa bisa di minimalisir. Untuk korban jiwa tercatat hanya dua orang mengalami luka ringan," Jelasnya.



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE