Dua Desa di Kuningan Dilanda Longsor

Dua Desa di Kuningan Dilanda Longsor

Foto : Akses jalan desa mengalami ambrol saat bencana longsor melanda Kabupaten Kuningan pada Minggu (6/1/2019) lalu.


Tingginya curah hujan menyebabkan terjadinya longsor di dua desa di Kabupaten Kuningan, Ahad (6/1). 

Dua desa yang dilanda longsor, yakni Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe dan Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe. 

Di Desa Padahurip, beberapa titik longsor terpantau di RT 12,13,14 dan 15 dusun Tajur. Di daerah tersebut, longsor mengenai tembok penahan tanah (TPT) rumah dengan ukuran tinggi dua meter dan panjang dua meter milik warga. Selain itu, sebanyak 28 unit rumah yang dihuni 30 KK (90) jiwa pun terancam longsor.

‘’Tidak ada korban jiwa,’’ terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, kepada awak media, Minggu (6/1/2019)

Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka sebanyak 30 KK yang terdiri dari 90 jiwa warga RT 15 sementara ini diungsikan ke sanak keluarganya yang berada di RT 13. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan faktor cuaca.

Sementara di Desa Jamberama, akses jalan utama menuju dusun Surian terputus. Putusnya jalan itu disebabkan satu titik jalan terseret longsor dengan panjang 20 meter dan satu titik jalan tertimbun longsoran dengan panjang 25 meter dan tebal longsoran sekitar tiga meter.

BPBD Kuningan telah menurunkan tim assessment. Sedangkan rencana pembersihan lingkungan akan dilaksanakan pada Senin (7/1). (Dik)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE