Kunjungi Binaan ODGJ, Dandim 0608/Cianjur Terharu Cerita Pasien

Kunjungi Binaan ODGJ, Dandim 0608/Cianjur Terharu Cerita Pasien

Foto : Komandan Kodim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi, sempat terharu mendengar cerita para penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Yayasan Rumah Pulih Jiwa, Selasa (11/5/2021).


CIANJUR - Komandan Kodim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi, sempat terharu mendengar cerita para penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Yayasan Rumah Pulih Jiwa, Selasa (11/5/2021).


Kehadiran Dandim di Yayasan Rumah Pulih Jiwa di Kampung Pasir Gadung RT 001/007  Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, selain bersilaturahmi juga memberikan santunan, Bantuan Sosial berupa sembako, serta makanan untuk berbuka puasa.

"Kehadiran kami disini adalah silaturahmi Dalam rangka bulan ramadhan dan berbagi berkah. Tapi mohon maaf karena baru tau bahwa ada yayasan disini," ujarnya.

Pihaknya mengaku salut yang dilakukan pimpinan Yayasan yang sudah membina warga kekurang yang diantaranya orang dengan gangguan kejiwaan dan tidak diterima di keluarga ataupun dikampung halamannya.



"Saya memperhatikan bapa ibu ketua yayasan ini yang bisa membina warga yang di masyarakat banyak kekurang yang diantaranya gangguan kejiwaan dan tidak diterima di keluarga ataupun dikampung halamannya. Untuk kebaikan bapa ibu yayasan ini, insya allah saya akan lebih memperhatikan serta berkunjung ke tempat ini lagi," ungkapnya.

Dandim berpesan, masyarakat agar tidak ada orang yang dipasung oleh keluarganya. "Jangan ada lagi orang yang di Pasung oleh pihak keluarga. Karena itu melanggar Hak Asasi Manusia," tegasnya.



Ketua Yayasan Rumah Pulih Jiwa, H. Rukman mengucapkan terima kasih atas kedatang Dandim 0608/Cianjur. Dirinya menjelaskan, sekitar 29 orang Yayasan Rumah Pulih Jiwa merawat orang yang serba kekurangan dilingkungan ataupun di keluarga dan ada yg kurang kesejahteraan sosial dari imigran.

"Mereka ini rata-rata banyak kurang perhatian, dan mereka kebanyakan yang tidak punya data. Seperti sulit untuk dikeluarkan, sulit dapat pasangan, sulit mendapat pekerjaan," terangnya.

Sementara, salah seorang perwakilan binaan Rumah Pulih Jiwa, Jaya dirinya selalu menerima bisikan serta sering ambil barang tidak bayar.

"Sehingga diusir dari kampung  dan semenjak dirawat oleh bapa Rukman  sekarang udah sembuh oleh pihak penyakit jiwa," ungkapnya. (pendim0608)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE