MoU Koni dan Kejari Cianjur, Wujudkan Tata Keuangan yang Akuntabel

MoU Koni dan Kejari Cianjur, Wujudkan Tata Keuangan yang Akuntabel

Foto : Kesepakatan ditandatangani Ketua Koni Iwan Mustofa,SE.,MM dan Kajari Ricky Tommy Hasiholan,SH.,MH


Cianjur.Maharnews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur menandatangani nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) ke dua dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur.

Kerjasama dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) yang digelar secara virtual, dilaksanakan di Aula Kantor Kejari di Jl. Dr Muwardi, Kelurahan Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Jumat (27/8/2021).

Kesepakatan ditandatangani Ketua Koni Iwan Mustofa,SE.,MM dan Kajari Ricky Tommy Hasiholan,SH.,MH.



Dalam kesempatanya, Ketua KONI Cianjur Iwan Mustofa mengatakan, KONI merupakan Lembaga Non Permerintah yang bertugas membantu pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan bidang pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga prestasi di kabupaten Cianjur, serta mengkoordiriasikan induk organisasi cabang olahraga, organisasi olahraga fungsional, di kabupaten Cianjur.

KONI Kabupaten Cianjur dalam menjalankan organisasi dan tata kelola mendapatkan dana hibah setiap tahun dari pemerintah daerah yang bertujuan untuk membantu dan meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Cianjur.

"Sehingga dalam penggunaan dana tersebut menjadi rentan terjadinya tata kelola yang tidak benar akibat karena ketidaktahuan dan ketidakcermatan dari para cabor," ujarnya.

Lebih lanjut Iwan menuturkan, oleh karena itu perlu adanya edukasi dalam hal tata kelola keuangan serta pertanggungjawaban penggunaannya. 

"Penandatangan kesepakatan dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya mewujudkan tata keuangan yang akuntabel. 

Mengingat KONI mempunyai tanggung jawab besar dalam pembinaan, pembangunan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya dalam peningkatan prestasi olahraga Cianjur dalam PORDA tahun 2022 yang akan datang, dengan dukungan anggaran hibah dari pemerintah kabupaten Cianjur. 

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan mampu menangani masalah hukum tata kelola keuangan KONI dan induk organisasi cabor di bawah koordinasi KONI Cianjur.

"Sinergitas dan pendampingan hukum tata kelola keuangan diharapkan dapat member kekuatan bagi KONI untuk menyukseskan serta berprestasi dalam berbagai kegiatan olahraga di masa yang akan datang," kata dia.

Iwan berharap, kehadiran Kejaksaan Negeri akan memperkuat dalam mempertanggungjawabkan apa yang diberikan oleh masyarakat melalui pemerintah kai, daerah untuk kita pertanggungjawabkan dalam sebuah prestasi Olahraga.

Sementara itu, Kejari Cianjur, Ricky Tommy Hasiholan menuturkan, kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas serta fungsi dari Kejari maupun KONI dalam penanganan masalah hukum perdata dan Tata Usaha Negara.

"Dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas penanganan masalah hukum perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan," ujarnya.

Ia menjelaskan, MoU tersebut merupakan bentuk tindak lanjut untuk daerah kabupaten/kota guna menciptakan Kabupaten Cianjur yang bersih dari permasalahan hukum.

“Ketika ada muncul permasalahan hukum kami dari Kejari siap 24 jam untuk berkomunikasi dan memberikan bantuan, pertimbangan dan tindakan hukum," pungkasnya.



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE