Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19

Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19

Foto : Ilustrasi


Maharnews.com- Pada saat ini mahasiswa UPI sedang melaksanakan KKN Tematik Covid 19 yang diadakan oleh LPPM UPI. Namun pelaksanaan KKN kali ini tentunya berbeda dengan kegiatan sebelum-sebelumnya. 

Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran saja dilakukan secara daring maka begitu pun dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengharuskan mahasiswa untuk dapat berbaur dengan warga sekitar, tetapi secara online. Metode pelaksanaan KKN di masa pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan cara mahasiswa melaksanakan program KKN di tempat tinggal masing-masing. 

KKN ini dilakukan oleh mahasiswa secara individu dan tidak berkelompok, pembimbingannya pun oleh dosen pembimbing lapangan secara daring. Salah satu program yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu mahasiswa diwajibkan untuk membantu mendampingi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini di Indonesia tengah dilanda wabah Covid-19 yang mana wabah ini berdampak nyata bagi seluruh kehidupan masyarakat. 

Adanya virus corona ini menjadi kekhawatiran karena kasus ini akan terus membesar resikonya dan mengancam banyak sektor yang menyebabkan semua proses kegiatan dirubah secara daring dalam segi pendidikan, perekonomian, pariwisata maupun sosial. Yang dimana sekarang hampir semua sekolah dari mulai jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, bahkan Universitas melakukan pembelajaran secara daring guna memutus rantai penularan virus Covid-19.

Pembelajaran secara daring merupakan cara yang paling tepat untuk mengurangi angka tersebarnya kasus Covid-19.

UPI juga telah menyelenggarakan kegiatan perkuliahan secara daring, termasuk untuk mata kuliah KKN dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19.

Dengan diadakannya KKN Tematik ini, saya selaku mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mengikuti program yang telah dibuat oleh LPPM UPI yaitu seperti Penguatan Pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK. Lalu pendampingan pembelajaran secara daring. 

Pendampingan orangtua dalam membimbing anak melalui pembelajaran secara daring. Mendesain, membuat dan menerapkan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan. Membantu administrasi sekolah secara secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan. 

Membuat video program penanggulangan dampak dari covid19  di bidang sosial untuk di publikasikan ke media sosial. Membuat artikel untuk  berita atau jurnal nmengenai program penanggulangan dampak covid 19 di bidang pendidikan untuk di publikasikan ke media sosial. 

Dengan adanya program tersebut, sangat disambut dengan baik oleh para guru karena  tentunya sangat memudahkan para guru dalam pembelajaran secara daring di masa pandemi ini agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. 

Tetapi ada beberapa kendala yang dialami saat sedang melakukan pendampingan pembelajaran secara daring seperti menghadapi anak yang malas untuk belajar daring karena dia menganggap bahwa dirinya sedang libur. 

Maka dari itu kita harus mencari cara bagaimana agar pembelajaran daring di masa pandemi ini dapat menyenangkan bagi anak dan tidak membuat pembelajaran daring ini sebagai pembelajaran yang mudah membosankan seperti merancang media pembelajaran yang menarik agar dapat menyampaikan ilmu dengan maksimal.

Ditulis Oleh :

Dhea Andini Fajriani

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan PGPAUD, Semester 7




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE