Plt Disnakertrans Cianjur Punya Program "Lapak Manjur"

Plt Disnakertrans Cianjur Punya Program "Lapak Manjur"

Foto : Plt Disnakertrans Endan Hamdani dan Sekdis


Cianjur.Maharnews.com - Demi terwujudnya pelayanan yang optimal terhadap masyarakat, Pelaksana Tugas Dinas Tenaga Kerja dan Disnakertrans Cianjur, siap meluncurkan program Layanan Aplikasi Pencari Kerja Masyarakat Cianjur, yaitu "Lapak Manjur".

"Aplikasi tersebut rencananya akan diluncurkan menyusul visi dan misi Bupati dengan tunjuan untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Cianjur," kata Plt Disnakertran Endan Hamdani saat ditemui, Jumat (1/10/2021).

Ia mengatakan, Ada tiga bidang yang berkaitan dengan teknis ketenagakerjaan. Pertama bidang penempatan, kedua bidang kelembagaan dan ke tiga bidang hubungan Industrial.

"Saya sebagai Plt Dinas Tenaga Kerja kedepannya, akan mencoba untuk merumuskan dalam rangka memudahkan pelayanan masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi merancang suatu aplikasi yang dinamakan "Lapak Manjur," ujarnya.

Endan menjelaskan, aplikasi Lapak Manjur tersebut memuat terkait lowongan pekerjaan, baik dalam negeri dan luar negeri, maupun penempatan kerja bagi masyarakat yang berminat bekerja di sektor formal dan informal di setiap perusahaan yang membutuhkan pekerja.

"Kita akan sampaikan melalui aplikasi tersebut, dan masyarakat yang ingin melamar nanti juga bisa Upload lamarannya melalui aplikasi itu," jelasnya.

Sementara untuk bidang  kelembagaan yang di dalamnya terkait dengan pelatihan pihak disnakertrans Cianjur, juga akan mengumumkan kegiatan yang ada, untuk melatih masyarakat yang  mempunyai minat berwirausaha.

"Nanti kita arahkan jenis usahanya, baik bidang pertanian, peternakan dan lainnya," ujar Endan.

Selain itu, Endan Hamdani juga telah berencana bahwa di tahun 2022, akan membuat program pelatihan Petani Melenial Manjur, yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan BUMD Sugih Mukti.

"Sedangkan untuk bidang Hubungan Industrial ini terkait bagaimana peran Dinas Tenaga Kerja, untuk mempertahankan orang yang sudah bekerja agar tidak di PHK," pungkasnya. (nn)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE