ISBI Gali Potensi Khas Kuliner dan Seni Budaya Desa Hegarmanah Yang Nyaris Punah

ISBI Gali Potensi Khas Kuliner dan Seni Budaya Desa Hegarmanah Yang Nyaris Punah

Foto : Mahasiswa ISBI saat memberikan piagam penghargaan kepada kepala Desa Hegarmanah


CIANJUR. Maharnews.com - Dalam rangka evaluasi akhir kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) mengelar berbagai kegiatan kreasi khas kuliner dan seni budaya.

Kegiatan yang bertemakan "Berburu Kuliner dan Pagelaran Seni Budaya" berlangsung diselenggarakan (ISBI) dilapangan perumahan Desa Hegarmanah Kecamatan Karangtengah, Minggu (1/9/2019).

Kegiatan dihadiri, unsur muspika, Danramil Karangtengah diwakili Banbinsa, Kapolsek Karangtengah diwakili Bhabinkamtibmas, OPD, Kades Hegarmanah.

Panitia kegiatan, Fahma filbarkah Aziz saat ditemui disela-sela kegiatannya, kepada awak media mengatakan, 

"Dalam kegiatan ini, kita menyelenggarakan khas kuliner, karena di Cianjur mempunyai khas tauco. Tapi dalam acara ini, kita membebaskan masyarakat untuk berkreasi dalam olahan apa saja yang berbentuk kuliner, dan nantinya bisa memiliki ciri khas Desa Hegarmanah itu sendiri.

Info utamanya, sebelumnya sempet ada kuliner yang di selenggarakan di Hegarmanah, dikarenakan sudah berhenti kinta mencoba untuk menghidupkan kembali.

Disamping itu, kita juga mengadakan senian budaya, seperti Seni Budaya Ulin Ulinan Barudak, kita tampilkan budaya tersebut, karena kita ingin anak-anak tahu bagaimana banyaknya budaya yang ada di Jawa Barat,Terangnya.

Untuk kesinian, kita mengajarkan Vokal Teater setari, Seperti yang tadi sudah di tampilkan,"Sambung Fahma

Dan Alhamdulillah dukungan dari masyarakat cukup antusias dan instansi pemerintah setempat mendukung kegiatan yang kita selenggarakan dengan baik. Kami berharap dengan di adakan wisata kuliner bisa menghidupkan kembali khas khas kuliner Desa Hegarmanah,"Harapnya.

Sementara kepala Desa Hegarmanah Dedi Rahmat memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurutnya" Kegiatan ini merupakan perwujudan program inovasi desa, yang kebetulan berlangsung diselenggarakan KKN dari mahasiswa ISBI Bandung, memadukan dengan program Desa Hegarmanah, yakni untuk mewujudkan program Destinasi Wisata menjadi wisata kuliner, dan dipadukan dengan pagelaran seni.

Alhamdulillah pada sore ini kegiatan akan berlangsung sampai nanti malam, kita menggelar kegiatan tersebut,"Imbuhnya.

Kegiatan ini semoga bisa mengembalikan kembali seni budaya yang hampir hilang di tengah masyarakat, dengan tampilan tampilan potensi potensi yang dimiliki bisa membangkitkan semangat untuk melestarikan budaya yang ada di Jawa Barat,"Lanjut Kades.

"Seperti yang tadi di tampilkan, Budaya Ulin Ulinan Barudak, Ulin Penca, kemudian Rampak Sekar, dari lagu-lagu perjuangan Seni Sunda.

Alhamdulilah kegiatan ini mendapatkan respon positif secara umum masyarakat, para tokoh, para pelaku seni, disamping dukungan muspika, Apartur Desa seluruh Lembaga lembaga kemasyarakatan dapat hadir bersema untuk memberika apresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

"Harapan untuk kedepanya, kegiatan ini menjadi momentum yang bisa berlanjut, mudah mudahan setiap Bulan atau tiga bulan sekali, kita akan terus menggelar kegiatan kegiatan seperti ini,"pungkas Dedi Rahmat.

Pantauan, kegiatan pagelaran Berburu Kuliner dan Seni Budaya, nampak disambut antusiasme masyarakat, sehingga susana kegiatan bersorak gembira.

Dan dipenghunjung acara, Mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) memberikan piagam penghargaan kepada kepala Desa Hegarmanah.(Cr3).



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar