May Day 2021, Buruh Cianjur Tuntut UU Omnibus Law di Cabut

May Day 2021, Buruh Cianjur Tuntut UU Omnibus Law di Cabut

Foto : Memperingati May Day 1 Mei 2021 di Pendopo Cianjur


CIANJUR. Maharnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei 2021) yang setiap tahun diperingati para kaum buruh dibelahan dunia dengan berbagai kegiatan aksi tuntutan kepada pemerintah.

Seperti yang dilakukan para kaum buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Cianjur, mereka menyampaikan berbagai aspirasi, melaui audensi dengan Bupati Cianjur, antara lain tuntutan hak normatif pekerja, masih banyak yang belum terpenuhi.

"Hak normatif pekerja di Kabupaten Cianjur masih banyak yang belum terpenuhi. Hak setiap warga negara khususnya buruh harus benar-benar dilaksanakan," Ujar Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Cianjur Hendra Malik kepada wartawan, usai kegiatan audensi Sabtu (1/5/2021).

Malik menyampaikan harapan terkait UU Omnibus Law yang saat ini tengah di proses di Mahkamah Konstitusi di cabut.

"Kami berharap dari pemerintah kabupaten sampai pusat menyadari bahwa Omnibus Law keberpihakan tidak kepada buruh, tapi malah kepada pengusaha. Bentuk aksi ini adalah pesan moral bagi Pemkab Cianjur,” tandasnya.

Lebih lanjut Malik meminta pemerintah untuk menyikapi pemenuhan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja. Karena menurutnya masih ada kaitannya dengan tuntutan dicabutnya UU Ciptakerja.

"Maka kami menolak Omnibus Law, karena di dalamnya ada THR yang diberikan secara mencicil. Kami berjuang di daerah supaya di Cianjur tidak terjadi hal tersebut," tegasnya.

Selain itu sambung Malik, dalam momentum May Day tahun 2021 ini SPN Kabupaten Cianjur mengajukan Resolusi SPN untuk Buruh Kabupaten Cianjur

Resolusi SPN itu adalah Job Security, Income Security dan Sosial Security yang mana ketiga hal tersebut sangatlah dibutuhkan oleh seluruh buruh di kabupaten Cianjur sebagai sebuah jaminan.

"May Day tahun ini kami tidak melakukan aksi turun kejalan, tetapi kami isi dengan kegiatan sosial santunan anak yatim dan santunan kepada jompo. Mengingat kondisi Ramadhan dan Indonesia sedang dilanda Pandemi Covid-19," tutup Malik.

Sementara itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur Ricky Ardhi menyampaikan, Giat MayDay 1 Mei 2021 di Cianjur, berlangsung aman dan kondusif.

"Rangkaian acara May Day di Cianjur yang diaktualisasikan oleh para serikat pekerja melalui kegiatan di Pendopo Cianjur, antara lain audiensi dengan bapak Bupati Cianjur, H. Herman Suherman dihadiri Kapolres Cianjur AKBP Muhammad Rifa'i, dan Kadisnakertrans Cianjur bapak Heri Suparjo.

Sebanyak 11 orang perwakilan dari 3 serikat pekerja yang telah di swab oleh tim gugus tugas mengikuti audiensi di pendopo.

"Dan selanjutnya pada sore hari melansungkan acara bakti sosial kepada jompo dan anak yatim sebanyak 75 orang yang diinisiasi oleh Serikat Pekerja Nasional (SPN)," kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja Ricky Ardhi. (nn)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE