Validasi Data Berimbas Pada Penyaluran BOP PAUD

Validasi Data Berimbas Pada Penyaluran BOP PAUD

Foto : Ilustrasi


Proses validasi data penerima Bantuan Operasional (BOP) Penyelenggaraan PAUD Tahun 2018 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, berimbas pada penyaluran dana tersebut ke lembaga penerima.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Cecep Sobandi melalui Kepala Bidang SMP, Rosidin, yang juga menjabat sebagai Plt Bidang PAUD Nonformal Informal dan Kebudayaan mengatakan, data penerima BOP PAUD ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tidak bisa diajukan dengan cepat disebabkan data sedang dalam proses validasi. 

"Kita ingin data yang digunakan benar benar valid dan itu memang cukup memakan waktu lama. Lagi pula saya juga baru diberikan kewenangan untuk menangani bidang PAUD itu pada bulan agustus. Selama 5 bulan sejak BOP masuk ke RKUD, data yang diperlukan untuk penyaluran masih harus di validasi,"ujar Rosidin kepada Maharnews, Rabu (21/11/2018).

Jadi jelas Rosidin, proses validasi itu meliputi singkronisasi data yaitu antara data lembaga, PAUD dengan Dapodiknya. 

"Itu harus singkron dulu. Jumlahnya kan bukan sedikit, mencapi 1200 lebih dan itu baru kita proses di bulan agustus,"jelasnya.

Menurutnya, validasi data bukan menjadi salah satu faktor yang menghambat percepatan penyaluran, karena memiliki data valid itu memang diperlukan.

"Jadi singkatnya gini Kang. Setelah data benar benar valid lalu buat SK Penetapan ke pa Bupati, setelah itu dilaksanakan sosialisasi, selanjutnya mengumpulkan berkas untuk pencairan,"terangnya.

Rosidin berharap penyaluran dana bantuan tersebut bisa berjalan lancar dan tidak sampai melebihi batas waktu yang ditentukan.

"Batas akhirnya 15 desember. Alhamdulilah dari sekarang sudah mulai bisa tersalurkan,"tandasnya. (Nuk)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE