Disdukcapil Optimalkan Layanan One Day Service

Disdukcapil Optimalkan Layanan One Day Service

CIANJUR. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuat gebrakan dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Semua pelayanan Adminduk dilayani dengan pelayanan super cepat yakni sehari selesai atau One Day Service(ODS). Pelayanan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus Adminduk," ujar Udin staff kepengurusan Akte, Kamis (16/8/2018).

Kabid Disdukcapil Kota Cianjur Ahmad Husen menjelaskan, untuk pelayanan ODS mencakup untuk semua jenis pelayanan. Sedikitnya ada 22 jenis pelayanan adminduk. 

"Mulai dari KTP el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akte kematian dan jenis pelayanan lainnya. Ini sudah mulai awal bulan ini," terangnya saat ditemui belum lama ini.

Lebih rinci, Kasi Pindah Datang Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Benny Nassa menambahkan, dengan pelayanan ODS ini warga tidak perlu bolak balik ke kantor Disdukcapil yang tentunya akan menyita banyak waktu. Tetapi, warga bisa langsung menyelesaikan setiap pengurusan adminduknya di hari yang sama," katanya.

Tetapi, untuk ODS ini tentunya dengan catatan semua persyaratan adminduk sudah lengkap. Sehingga, petugas langsung bisa mengerjakan keperluan pengurusan adminduk.

"Untuk KTP el paling lama 10 menit. Waktu pelayanan ini tidak termasuk waktu untuk antre. Namun ODS tersebut tidak menyeluruh, melainkan hanya untuk beberapa jenis pengurusan adminduk saja, " ucapnya.

Dengan pelayanan ini,  Ia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan. 

"Selain di kantor Disdukcapil, kami juga mendorong agar setiap kecamatan yang ada juga menerapkan pelayanan yang sama," pungkasnya.




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE