Kisah Orang Dekat Bupati, Mengaku Orang Biasa Faktanya... (1)

Kisah Orang Dekat Bupati, Mengaku Orang Biasa Faktanya... (1)

Foto : Ilustrasi, net/pintarest.


CIANJUR. Maharnews.com - Sosok pria ini disebut sebut sebagai salah seorang yang memiliki pengaruh besar di lingkungan Pendopo Pancaniti, selain sang pemangku kebijakan tertinggi yaitu Bupati Cianjur Herman Suherman. 

Pria itu bernama lengkap Muhammad Solih. Ia merupakan orang dekat Bupati Cianjur Herman Suherman. Kedekatannya dengan orang nomor satu di Cianjur itu diketahui sudah terjalin lama, semenjak Herman Suherman menjabat sebagai Wakil bupati Cianjur. 

Bukti sejauhmana hubungan erat antar keduanya, terlihat pada saat dirinya terpanggil menjadi saksi dalam sidang kasus pemerasan oleh KPK Gadungan yang digelar tahun 2019 lalu di Pengadilan Negeri Cianjur. 

Dimana dalam fakta persidangan tersebut terungkap, orang yang dipercaya oleh Herman Suherman (saat itu Wakil Bupati) untuk menyerahkan sejumlah uang secara transfer kepada KPK Gadungan adalah Muhammad Solih.

Pengaruh pria yang akrab disapa Kang Ibang itu di lingkungan pemerintahan Kabupaten Cianjur semakin menguat seiring karir Herman Suherman yang terus menanjak dan berhasil duduk di kursi nomor satu Pendopo Pancaniti menjadi Bupati. 

Bahkan, kabar soal kekuatan pengaruhnya di lingkungan Pendopo, sempat mencuat di salah satu media lokal di Kabupaten Cianjur. Secara detail sepak terjang orang dekat Bupati Cianjur Herman Suherman itu dikupas tuntas. 

Dari pemberitaan tersebut ada dua pernyataan yang berbeda, yaitu: 

Pertama, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Dadan Ginanjar menjelaskan, Ibang merupakan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di Sekretariat Daerah (Setda) Cianjur, bertugas sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) Bupati Cianjur. 

Kedua, berdasarkan informasi yang diperoleh Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik, Cianjur Riset Center (CRC), Anton Ramadhan, Ibang merupakan TKS di RSUD Sayang Cianjur.

Ia menekankan informasi itu berasal dari beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur. Tak hanya itu, Anton juga memperoleh informasi yang menyatakan bahwa meski hanya seorang TKS namun setiap pejabat yang bakal dilantik atau dipromosikan untuk jabatan barunya, sang pejabat seringkali harus menemui Ibang terlebih dahulu. 

Memastikan kedua pernyataan tersebut, Maharnews mencoba mengkonfirmasi langsung Kang Ibang. 

Setelah ditelusuri, rupanya Sang TKS itu tinggal disebuah kawasan perumahan elite di kawasan kota Cianjur, dimana disana diketahui bermukim para pejabat teras di lingkungan Pemkab Cianjur. 

Penelusuran Maharnews, pejabat yang tinggal di perumahan dengan nama jalan Al Muchtar itu antaralain,

Bupati Cianjur Herman Suherman, Sekda Cianjur Cecep Alamsyah, mantan Dirut RSUD Sayang Ibu Ratu, Dirut Perumdam Tirtamukti Budi Karyawan dan beberapa pejabat eselon II lainnya. 

Selain itu ada juga mantan Bupati Cianjur yaitu Tjetjep Muchtar Soleh yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI. 

Senin (20/9/2021, Kang Ibang berhasil ditemui Maharnews di kediamannya yang berada di perumahan elit tersebut. 

Saat tim menyusuri setiap blok perumahan, secara kebetulan hari itu Kang Ibang sedang berada di pelataran rumahnya, tengah asik berbincang dengan dua orang. 

Seketika itu juga tim Maharnews menghampiri kediamannya. Rasa heran bercampur kaget tampak terlihat dari roman mukanya begitu mengetahui kedatangan tim. 

Setelah mengutarakan maksud menemuinya, tim pun dipersilahkan masuk kedalam rumah mentereng berlantai dua tersebut. 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE