Plt Bupati Buka Acara Webinar dan Talkshow Bank BJB Bersama BUMDes se Kabupaten Cianjur

Plt Bupati Buka Acara Webinar dan Talkshow Bank BJB Bersama BUMDes se Kabupaten Cianjur

Foto : Tiga narasumber saat acara Webinar dan Talkshow Bank BJB bersama BUMDes se Kabupaten Cianjur, Kamis (15/4/2021) dari kanan Kabag Perekonomian dan Investasi Kab Cianjur, Cicih Permasih, Manager Bisnis Komersial Bank BJB Cianjur, Gilang Wahyudi Riswara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial.


CIANJUR.Maharnews.com - Plt Bupati Cianjur Herman Suherman membuka acara Webinar dan Talkshow Bank BJB bersama BUMDes se Kabupaten Cianjur,  Kamis (15/4/2021). 

Acara bertema "BUMDes Sehat Menuju Desa Mandiri Bersama Bank BJB" itu berlangsung di ruang Gede Pangrango, aula kantor Bank BJB Cabang Kabupaten Cianjur yang digelar secara hybrid, gabungan dari bincang-bincang secara offline di Kantor Cabang BJB Cianjur dengan audiens yang hadir secara online melalui aplikasi zoom. 

Pada kesempatan itu Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menginformasikan sekarang ini pemerintah daerah sedang membentuk sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dimana, nantinya BUMD ini akan bekerjasama dengan BUMDes. 

"Namanya BUMD Sugih Mukti yang akan bergerak dalam bidang pertanian dan perdagangan. Nantinya BUMD ini menjadi bapak angkatnya BUMDes yang ada di setiap desa,"ujar Herman dalam sambutannya. 

Menurutnya, salah satu upaya menuju desa yang mandiri yaitu dengan membentuk BUMDes. 

"Sekarang dari 354 desa di Cianjur, sudah ada sekitar 300 desa yang membentuk BUMDes. Besok, semua harus membentuk BUMDes kalau Desanya memang mau menjadi Desa Manjur,"tegasnya. 

Sementara itu Pimpinan Cabang Bank BJB Kabupaten Cianjur, Erry Rinaldi dalam sambutannya mengatakan, saat ini tengah berusaha mengoptimalisasi BUMDes untuk penguatan perekonomian desa. Dari 354 desa, sudah 40 BUMDes yang telah terdaftar sebagai mitra PPOB Bank BJB. 

"Kami akan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya desa dan BUMDes yang tentunya akan berimbas pada pendapatan APBDes,"kata Erry. 

Dalam sesi talkshow, hadir sejumlah narasumber membahas potensi dan pengembangan BUMDes. Termasuk Informasi terkait program Bank BJB yang mendorong terwujudnya sebuah Desa Mandiri. 

Narasumber yang menyampaikan materi adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, Kabag Perekonomian dan Investasi Kab Cianjur, Cicih Permasih. 

Manager Bisnis Komersial Bank BJB Cianjur, Gilang Wahyudi Riswara, dari PT Value Stream, Asep Miftahurrohman. (NN)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE