Gempa Cianjur, Total Korban Jiwa 289 Orang Meninggal

Gempa Cianjur, Total Korban Jiwa 289 Orang Meninggal

Foto : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto (memegang mic) saat menyampaikan jumlah jenazah yang ditemukan dalam konferensi pers di Pendopo Cianjur, Jumat (25/11/2022).



CIANJUR. Maharnews.com – Korban meninggal dunia bencana gempa bumi Cianjur terus bertambah. Konferensi pers posko bencana menyatakan hari kelima pasca bencana ditemukan 17 jenazah sehingga totalnya menjadi 289 orang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto mengatakan sebelumnya ada 39 orang yang masih hilang. Dimana 7 orang yang dinyatakan hilang merupakan pelintas dan 32 lainnya merupakan warga Kecamatan Cugenang.

"Jadi yang meninggal 272 (Kamis lalu, 24/11/2022). Dari 39 itu disampaikan bahwa 32 orang warga Cugenang dan 7 adalah yang pelintas, itu tepatnya di sekitar warung sate Sinta," tuturnya saat konferensi pers di Pendopo Cianjur, Jumat (25/11/2022).

Namun, lanjut Suharyanto menerangkan setelah dilakukan pencarian, ternyata ditemukan 9 jenazah yang merupakan warga pelintas di luar Kecamatan Cugenang dan masih diidentifikasi.

Sedangkan, dari 32 orang warga Cugenang yang hilang ditemukan 8 jenazah.

"Sehingga hasil operasi pencarian dan pertolongan yang dilakukan tim SAR gabungan per hari ini mendapatkan jenazah sebanyak 17 jenazah. Sehingga jumlah yang meninggal sampai saat ini menjadi 310 orang. Sedangkan warga Cugenang yang masih belum diketemukan adalah 24 orang (dari 32 orang hilang dikurang 8 jenazah, red)," pungkasnya.

“Arahannya dengan kejadian ini mohon seluruh masyarakat di sekitar Cugenang, atau Kabupaten Cianjur, atau luar Cianjur yang merasa ada anggota keluarganya yang hilang segera melapor,” tutupnya.

Informasi tambahan, jika melihat infografis yang disediakan, jumlah korban meninggal yang ditemukan sudah mencapai 310 orang.

Disini terdapat perbedaan antara jumlah yang disampaikan dari hari Kamis lalu (24/11/2022) yang berjumlah 272 jenazah, ditambah penemuan jenazah pada hari ini, Jumat (25/11/2022) sebanyak 17 jenazah, yang seharusnya totalnya menjadi 289. Bila dikurangkan maka selisih antara infografis dan hasil konfress ada selisih 21 jenazah (310 dikurang 289 sama dengan 21 jenazah, red). (riski/wan)

Foto: Infografis yang tersedia.




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE