Kini Tenaga Medis Puskesmas Dipersenjatai APD Impor Berharga Wow

Kini Tenaga Medis Puskesmas Dipersenjatai APD Impor Berharga Wow

Foto : Salah satu gedung puskesmas di Kabupaten Cianjur



CIANJUR. Maharnews.com - Seluruh tenaga medis puskesmas se-Kabupaten Cianjur sepertinya dapat sedikit bernapas lega. Pasalnya Dinas Kesehatan telah mempersenjatai atau melengkapi mereka dengan Alat Pelindung Diri (APD) impor dengan harga dua hingga tiga kali lebih mahal yang kualitasnya diatas rata-rata.

Bermula dari foto secarik kertas yang masuk ke redaksi Maharnews berjudulkan faktur pajak akhirnya informasi tersebut terkuak. Di dalam surat bertanggal 26 Mei 2020 itu terdapat rincian sejumlah APD yang telah dibeli oleh Dinkes dengan nilai total Rp. 1,593 milyar.

Memastikan keaslian faktur pajak itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy membenarkan orisinilitasnya. Ia mengatakan pembelian APD itu peruntukkannya untuk tenaga medis puskesmas.

"Peruntukkannya hanya untuk tenaga medis puskesmas, bukan untuk rumah sakit atau gugus tugas Covid-19," katanya saat ditemui di kantornya, Senin (8/6/2020).


Foto: Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy

Ditanya, mahalnya harga APD yang dipesan Dinkes hingga dua atau tiga kali lipat dari harga pasaran, Irvan mengungkapkan karena APD itu bukan produk lokal. Kualitasnya pun menurutnya lebih atau di atas rata-rata.

"Memang begitu harganya, itu impor (APD, red) karena tenaga medis puskesmas menjadi yang terdepan atau berpotensi tinggi terpapar dalam penanganan Covid-19 di masyarakat, sehingga membutuhkan APD yang lebih baik," ungkapnya.

Ditanya tercantumnya nilai pajak barang sepuluh persen, Irvan mengaku sebelumnya tak memperhatikannya secara detail. Namun dipastikan Dinkes hanya membayar harga total barang tanpa pajak.

"Inikan dalam rangka penanganan Covid-19, jadi pajak tidak dibayar," pungkasnya. 

Informasi dihimpun, pengadaan APD pada faktur ini merupakan pembelian tahap kedua, serta dilaksanakan secara swakelola oleh Dinkes Cianjur dalam rangka penanganan Covid-19. Di dalamnya terdapat delapan item APD yang telah dibeli dan akan segera dibagikan kepada seluruh tenaga medis di puskesmas se-Kabupaten Cianjur, yaitu : coverall, faceshield, nurse cap, kacamata/google, masker N95 1860, Latex glove examination, Sepatu safety (yellow) terakhir glove nitrile. Keseluruhannya berjumlah 1000 per itemnya. (wan)





Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE