Panwascam Jadi Target TOT Bawaslu Cianjur

Panwascam Jadi Target TOT Bawaslu Cianjur

Foto : Training of Trainer (TOT) yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Cianjur di Hotel Sangga Buana di Jalan Raya Cipanas, Cipendawa, Kecamatan Pacet.


CIANJUR. Maharnews.com -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menggelar Training of Trainer (TOT) di Hotel Sangga Buana di Jalan Raya Cipanas No. 3, Cipendawa, Kecamatan Pacet, Jumat (22/3/2019). TOT ditargetkan bagi seluruh fasilitator Panitia Pengawas Pemuli Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Cianjur.

Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Jawari mengatakan kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari. Setiap panwascam beserta kepala sekretariatnya diundang, sehingga di setiap kecamatan diwakilkan oleh 4 orang peserta .

“Hal ini dalam rangka mempersiapkan seluruh panwascam kecamatan se-Kabupaten Cianjur dalam menghadapi bimbingan teknis bagi pengawas TPS dan Saksi Partai politik,” ucapnya saat ditemui di sela acara.

Usep menerangkan TOT untuk menyamakan presepsi seluruh Panwascam ketika nanti pada saat pungut hitung. Sehingga seluruh pengawas TPS dan saksi Parpol memiliki pemahaman yang sama, terkait teknis pengawasan pada hari pencoblosan nanti.  

“Setelah TOT, Panwascam diharap dapat mentransformasikan lagi ke pengawas TPS dan saksi Parpol,” terangnya.

Bawaslu Cianjur, lanjut Usep memiliki tugas untuk melakukan proses bimbingan teknis atau pemahaman ke seluruh saksi parpol yang mengikuti pemilu. Narasumber kegiatan tak hanya berasal dari Kabupaten tetapi dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

“Nanti di hari kedua akan ada narasumber dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat, ada 2 orang besok pagi (Sabtu, 23/3/2019) yang hadir sebagai narasumber,” sebutnya.

Terkait Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kabupaten Cianjur yang mendapat peringkat pertama di provinsi Jawa Barat, Usep menjelaskan secara prinsip mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk sahabat media yang telah membantu secara bersama-sama dengan Bawaslu untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Kabupaten Cianjur.

“Ini karena kepedulian semua pihak. Di Gakkumdu sendiri ada tiga unsur lembaga, ada Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Semua memiliki presepsi yang sama, memiliki sebuah komitmen yang sama terkait upaya proses demokrasi pemilu di Kabupaten Cianjur, agar bisa berjalan dengan tata aturan yang ada,” pungkasnya. (wan)
 




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE