Perkara Kasus Korupsi di Cianjur Masih Berkutat Soal Dana Desa

Perkara Kasus Korupsi di Cianjur Masih Berkutat Soal Dana Desa

Foto : Ilustrasi.mhc


CIANJUR.Maharnews.com- Pengusutan kasus korupsi di Kabupaten Cianjur hingga tahun 2021 masih di dominasi penyelewengan Dana Desa (DD).

Hal tersebut disampaikan Ketua Masyarakat Benteng Cianjur (MATBECI), Maulana Dev.

Ia mengungkapkan, berdasarkan penelusuran timnya, penanganan kasus korupsi oleh Aparat Penegak Hukum di wilayah hukum Cianjur yang lanjut hingga ke meja hijau Pengadilan Tipikor Bandung, ternyata didominasi perkara penyelewengan DD.

"Sampai sekarang masih di dominasi perkara soal DD. Untuk perkara lainnya sih cuma satu dua kasus,"ujarnya kepada Maharnews.com, Minggu (15/8/2021).

Sementara soal kasus korupsi di lingkungan pemerintahan, pentolan MATBECI itu mengatakan selama kurun waktu 4 tahun ini timnya sama sekali tidak menemukan data persidangan di PN Tipikor Bandung terkait korupsi pejabat di Pemda Cianjur.

"Terakhir kalinya itu ya kasus bansos terdakwanya Pa Dadan Muharam. Nah, setelah itu sampai sekarang tak pernah ada lagi, baik limpahan dari Tipikor Polres Cianjur maupun pengusutan oleh Kejari,"bebernya.

Padahal sambungnya, informasi yang berhasil kita himpun, akhir akhir ini sering kali pejabat Cianjur wara wiri menyambangi APH memenuhi panggilan penyidik.

"Sejauh ini sih paling baru sebatas atensi ataupun penyelidikan. Kalau sampai menetapkan tersangka mungkin mereka  masih perlu waktu yang lama melakukan penyelidikannya,"kata Maulana.

Pihaknya berharap APH di Cianjur lebih aktif dalam pemberantasan korupsi. Apalagi, petinggi Kejari dan Polres Cianjur sekarang ini terbilang baru dan masih  muda.

"Latar belakang keduanya juga bukan sembarang orang. Saya harap KK ( Kejaksaan Kepolisian, red) gak cuma mengusut soal DD sajah kedepannya,"pintanya.

Berikut perkara kasus korupsi di Cianjur yang lanjut ke meja hijau PN Tipikor Bandung hasil penelusuran MATBECI selama kurun waktu 2017 s/d 2021.

Perkara Korupsi Dana Desa (DD) Bunisari terdakwa Rohmawati (Mantan Kades), Persidangan Tahun 2021

Perkara Korupsi Dana Desa (DD) Cimacan terdakwa Dadan Supriatna (Mantan Kades), Persidangan Tahun 2021

Perkara Korupsi Dana BSM SMK Cikalongkulon Persidangan tahun 2020.

Perkara Korupsi Dana Bansos Setda Pemkab Cianjur Terdakwa Dadan Muharam Persidangan Tahun 2018




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE