Peserta Pemecahan Rekor MURI Permainan Tradisional Jabar Bergerak Cianjur Lampaui Target

Peserta Pemecahan Rekor MURI Permainan Tradisional Jabar Bergerak Cianjur Lampaui Target

Foto : Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur, dr Yusuf Nugraha


CIANJUR.Maharnews.com - Antusias warga masyarakat dan sekolah di tanah air terutama di Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur terhadap kepesertaan Pemecahan Rekor MURI Permainan Tradisional Jabar Bergerak Cianjur sudah melampaui target yang diharapkan.

Ketua Panitia Pemecahan Rekor MURI Permainan/Kaulinan Tradisional secara Virtual Jabar Bergerak Cianjur, Dr. Agam Suprianta M, M.Pd, MH, mengatakan dari rencana target 20.021 peserta ternyata yang mengikuti kegiatan sudah mencapai 21.112 peserta dengan jumlah 4.964 video beragam penampilan kaulinan tradisional.

“Alhamdulillah target peserta pemecahan rekor MURI untuk saat ini sudah mencapai target bahkan sudah melebihi. Dan masih ada kesempatan waktu untuk peserta yang akan mengikuti,” kata Agam.

Agam menjelaskan, partisipasi dari luar sekolah juga sangat tinggi, seperti dari kelompok seni, PKBM dan mahasiswa sehingga semakin menambah jumlah peserta yang ikut.

“Di lapangan masih banyak sekolah yang karena keadaan seperti saat ini terlambat mendapatkan informasi sehingga tentu saja perlu proses pembuatan dan pengirimannya,” sambung Agam.

Terpisah, sebelumnya Ketua Jabar Bergerak Cianjur, dr. Yusuf Nugraha, mengatakan, Jawa Barat dan khususnya Kabupaten Cianjur memiliki aneka ragam permainan atau kaulinan tradisional yang khas dan patut dilestarikan.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Cianjur  terus berupaya agar aneka jenis dan ragam kaulinan tradisional sebagai warisan budaya bangsa  itu tidak hilang terlindas peradaban yang nihil dari nilai-nilai sosial kemanusiaan. Zaman boleh maju, teknologi boleh baru dan modern, tetapi karakter baik penuh bahagia harus tetap terpelihara,” paparnya.

Dijelaskan Yusuf, sebagai bentuk tanggung jawab moral, Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur memiliki kewajiban untuk bisa terlibat  dalam memelihara nilai-nilai yang ada dalam warisan seni budaya bangsa tersebut. Diantaranya melalui kegiatan pementasan Permainan Kaulinan Tradisional khas Jawa Barat secara virtual pada 7 April 2021 mendatang.

“Kegiatan yang akan diikuti oleh 20.021 peserta tersebut diharapkan menjadi perhelatan akbar berbasis digital yang dipersembahkan masyarakat  Kabupaten Cianjur untuk Indonesia dan dunia. Sehingga akan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI),” katanya.
 
Dikatakan Yusuf, Jabar Bergerak Kab. Cianjur dan Pemerintah Kabupaten Cianjur dibantu oleh Jabar Bergerak Pusat telah merampungkan semua tahapan kepanitiaan dan persiapan untuk mensukseskan acara tersebut.

“Kegiatan ini telah melibatkan dan mengundang banyak partisipasi masyarakat termasuk mereka yang berada di pemerintahan, sektor swasta, media massa dan wartawan hingga tokoh-tokoh lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” jelasnya. (NN)



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE