Rapat Badan Anggaran Tertutup, Ada Rahasia "Istana"?

Rapat Badan Anggaran Tertutup, Ada Rahasia "Istana"?

Foto : Rapat badan anggaran dengan OPD Kabupaten Cianjur di gedung wakil rakyat, Senin (13/9/2021).



CIANJUR. Maharnews.com - Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Cianjur dengan perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) digelar secara tertutup, Senin (13/9/2021). Alhasil, muncul dugaan adanya rahasia "istana" di Kabupaten Cianjur.

Awalnya, maharnews mencoba mengambil beberapa gambar rapat tersebut. Namun, setelah mengambil gambar, seorang pegawai Sekretariat DPRD meminta maharnews untuk keluar, karena rapat bersifat tertutup untuk umum.

"Rapat baggar mah tertutup untuk umum," ungkapnya.

Menuruti permintaan, maharnews akhirnya memilih keluar. Sekitar satu jam, akhirnya rapat selesai karena diskorsing oleh pimpinan rapat dan dilanjutkan esok hari.

Mencoba mengklarifikasi tertutupnya rapat anggaran, Sekretaris Dewan, Aris Haryanto menjadi narasumber. Ia mengatakan kalau pembahasan anggaran bisa diketahui oleh masyarakat.

"Bisa dilihat, inikan sifatnya untuk program pembangunan Kabupaten Cianjur, jadi masyarakat bisa searching terkait hal itu," tuturnya saat ditemui usai rapat.

Ditanya terkait adanya rahasia "istana" yang terkait dengan Pendopo Cianjur atau "istana" Mangun, Aris secara tegas membantah hal tersebut.

"Tidak ada rahasia istana, mungkin rahasia istana saya saja. Kalau rahasia kan tidak mungkin dibahas disini," bantahnya sembari tertawa kecil.

Kembali ditanya, adakah rahasia negara yang dibahas, seperti saat rapat Menteri Pertahanan dengan DPR RI yang mengharuskan rapat bersifat tertutup, lagi-lagi Aris membantah tegas.

"APBD kan bukan rahasia negara, APBD mah anggaran pemerintah daerah untuk pembangunan masyarakat," tegasnya.

Meski begitu, Aris mengaku tata tertib (Tatib) rapat DPRD sudah diatur. Hal itu tertuang secara jelas dalam aturan terbaru.

"Aturan tatib yang digunakan Peraturan DPRD nomor 5 tahun 2019 yang merupakan hasil revisi yang terbaru," tutupnya. (wan)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE