Tugu Lampu Gentur Bakal Bergeser 2M, Pondasinya dalam Proses Pembongkaran

Tugu Lampu Gentur Bakal Bergeser 2M, Pondasinya dalam Proses Pembongkaran

Foto : Proses Pembongkaran pondasi tugu lampu gentur yang akan digeser hingga 2 meter ke arah jalan Abdullah Bin Nuh, Rabu (5/12/2018) (wan)



CIANJUR. Maharnews.com - Pembangunan bundaran tugu lampu gentur dipastikan akan menggeser tugu yang belum genap berumur dua tahun tersebut hingga 2 meter (2M). Hal itu diungkapkan oleh Kasie Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Perumahan, Kawasan Permukinan dan Pertanahan (Disperkimtan), Kabupaten Cianjur, Dhany Surya Wilantapoera.

"Tugu lampu gentur akan bergeser sedikit ke arah jalan Abdullah Bin Nuh," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (5/12/2018).

Dhany menerangkan penentuan titik pergeseran dilakukan oleh Dinas PUPR, tetapi kesepakatan bergeser atau tidaknya tugu lampu gentur merupakan hasil koordinasi kedua dinas.

"Hasil keputusannya, tugu lampu gentur digeser.   Pergeseran tugu dilaksanakan dengan metode knock down (bongkar pasang, red)," terangnya.

Dhany menjelaskan sebenarnya ada dua metode. Pertama dengan mengangkat langsung dengan crane dan dipasang ditik yang baru. Tetapi karena berbagai pertimbangan terkait lalu lintas hingga kerusakan tugu, akhirnya yang dipilih menggunakan metode kedua, yaitu knock down.

"Dengan metode itu dipastikan tidak ada yang rusak. Pembongkaran pun dilakukan secara hati hati," jelasnya.

Ditanya terkait pengurangan nilai aset karena pondasi awal tugu harus dihancurkan dan diganti dengan yang baru, Dhany membantah akan ada pengurangan, yang ada penambahan nilai aset. Karena tidak ada yang hilang saat pembongkaran.

"Bertambah nilai aset tugunya bukan pengurangan," bantahnya.

Disinggung terkait adanya pelanggaran dalam proses pembangunan, Dhany menegaskan seluruh proses pembangunan bundaran tugu lampu gentur sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dipastikan tidak ada pelanggaran hukum atau administrasi dalam tahapannya.

"Tidak ada yang dilanggar, semua sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya

Sementara, mandor pembangunan bundaran tugu lampu gentur, Yono membenarkan tugu akan digeser. Seluruh tugu sudah dibongkar kecuali pondasinya masih dalam proses.

"Digesernya tidak jauh, sekitar 2 meter, tepat di tugu Mamaos yang dulu," ucapnya yakin, karena dirinya sempat memandori pembangunan tugu Mamaos yang menjadi ikon Kabupaten Cianjur.

Proses pembongkaran pondasi tugu, menurut Yono diluar perkiraan akan memakan waktu lebih lama. Bahkan dalam waktu sehari saja, yang berhasil dibongkar baru sedikit.

"Keras pondasinya, sepertinya menggunakan cor hotmix bukan manual, seharian dibongkar cuman segitu," sebutnya sembari melihat ke arah pondasi tugu yang sedang dibongkar. (wan/nuki)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE