Meriahkan Hut TNI ke 74 Dandim 0608 Gelar Kontes Seni Adu Ketangkasan Domba Garut

Meriahkan Hut TNI ke 74 Dandim 0608 Gelar Kontes Seni Adu Ketangkasan Domba Garut

Foto : Dandim 0608 Cianjur bersama ketua Padepokan Gede Kencana H. Dadang Rouf


CIANJUR. Maharnews.com - Dalam Rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (Hut TNI) ke 74 Tahun 2019, dan mempererat tali silaturahmi dengan para penggemar Seni Budaya Domba Garut.

Dandim 0608 Cianjur, bersama Padepokan Gede Kencana Kecamatan Gekbrong, menggelar Kontes Seni Adu ketangkasan Domba Garut se-Jawa -Barat, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan Kontes Seni Adu Ketangkasan Domba Garut kali ini, mengambil tema : " Mari Kita Tingkatkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan" di ikuti peserta pencinta Domba Garut dari berbagai wilayah yang ada khususnya di provinsi Jawa Barat.

Pantauan Maharnews.com dilokasi kegiatan nampak hadir, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cianjur, Komisi C, Hj. Asni Aprianti, Amd, Danramil Warungkondang Kapten Inf Frederikus T, Kapolsek Warungkondan, atau yang mewakili.

Bertindak sebagai panitia kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan Hut TNI yang ke 74 tahun 2019 Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, saat di wawancarai seusai membuka acara perlombaan tersebut menyampaikan.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari TNI yang ke 74 Tahun 2019, kemudian kami bekerja sama dengan Padepokan Gede Kencana, untuk melaksanakan kegiatan ini.

Ini adalah sesuatu momen atau suatu acara melestarikan Budaya masyarakat Jawa Barat.

Ini lomba unji ketangkasan Domba Garut, yang sangat populer dan harus dilestarikan. Makanya kami mengajak masyarakat di ajang lomba Domba Garut ini, untuk melestarikan budaya," Ujarnya.

"Yang kedua juga untuk hiburan masyarakat, dan yang ketiga ini salah satu upaya kita untuk mempertemukan atau mempererat tali silaturahmi antara masyarakat pencinta Domba Garut. 

Kemudian yang ke Empat kita ikut melestarikan, untuk mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar wilayah perlombaan ini.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya yakin pedagang- pedagang kecil dapat rejeki lebih dari kegiatan ini," Tandasnya.

Selain itu, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani juga menghimbau khususnya kepada warga masyarakat di Kabupaten Cianjur.

"Kami menghimbau kepada masyarakat bahwa ini adalah satu tradisi budaya, untuk kearifan lokal yang harus di jaga, Identitas kita, Identitas masyarakat Cianjur, Indentitas masyarakat Jawa Barat, dan Indentitas Bangsa Indonesia, yang wajib kita lestarikan.

Insa Allah ini kalau memang terus kita budayakan kita bisa bumingkan kita sosialisasikan, menjadi Budaya Nasional yang sangat bagus," Imbau Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

Sementara ketua Komisi (C) DPRD Cianjur, Hj. Asni Aprianti, Amd, pihaknya berharap bahwa seni budaya Uji Ketangkasan Domba Garut harus lebih ditingkatkan dan dilestarikan.

Menurutnya "Mudah-mudahan kedepan seni budaya Domba Garut lebih ditingkatkan dan dilestarikan.

"Karena ini merupakan seni budaya yang memang harus dilestarikan," Tandas Asni.

Terpisah para pecinta Seni Budaya Domba Garut, mereka sangat mengapresiasi Dandim 0608 Cianjur, yang sangat peduli terhadap Seni Budaya Domba Garut.

"Kami sangat mengapresiasi dan kami akan terus melestarikan seni budaya ini dan akan terus meningkatkan populeritas seni budaya ini. 

Selain itu kami berharap, kepada pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Cianjur, kegiatan Lomba Uji Ketangkasan Domba Garut, untuk selalu ditampilkan dalam setiap momen kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun, seperti HUT TNI yang ke 74 tahun 2019 ini.

"Tentunya kalau hal tersebut dilakukan, populeritas kegiatan Seni Budaya Domba Garut akan terus meningkat dan bisa menjomantara di seluruh pelosok Negri," Ujar Salah Deden Warga Pencinta Domba Garut. (NN). 

 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar