Peringatan HSN 2019, Bangkitkan Nilai Semangat Berjihad

Peringatan HSN 2019, Bangkitkan Nilai Semangat Berjihad

Foto : Peringatan HSN tahun 2019


CIANJUR. Maharnews.com - Sekitar 25 ribu santri dan santriwati dari setiap penjuru kota tatar santri Cianjur, memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019. 

Kegiatan peringatan HSN kali ini dengan mengambil tema, "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia" berlangsung di selenggarakan di Alun-alun Cianjur, Selasa (22/10/2019).

Pantauan maharnews.com dilokasi kegiatan puluhan ribu Santri dan Santriwati begitu nampak antusias, terlebih pihak panitia kegiatan peringatan HSN menampilkan beragam perlombaan seni budaya yang bernuansa Islam.

Ketua Panitia Hari Santri Nasional tahun 2019, Pipin S Arifin mengatakan, peringatan HSN 2019 merupakan kerja bareng Pemkab Cianjur dengan seluruh ormas Islam dan ponpes di wilayah itu. 

Ada sekitar 25 ribuan santri dan santriwati yang mengikuti kegiatan yang diawali dengan upacara dilanjutkan dengan pawai mengitari sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur,” Ujarnya.

Panitia juga menggelar sejumlah lomba, di antaranya lomba membaca kitab, lomba marawis dan hadroh, lomba kaligrafi, serta lomba syahril Quran. 

Nilai yang bisa diraih dari HSN, menurut dia, adalah membangkitkan kembali semangat  jihad santri dengan tiga resolusi jihad.

“Yakni membela tanah air itu wajib, orang yang meninggal saat membela tanah air maka syahid, dan org yang membelot pada penjajah wajib dihukum mati,” Tegasnya.

Lebih rinci Pipin menambahkan, Santri NKRI wajib membela tanah air dalam kondisi apapun dan siapapun pemimpinnya, serta mampu merawat, menjaga, dan mengawal keberlangsungan negara. 

Santri adalah yang berjuang melawan penjajahan jauh sebelum ada Polisi dan TNI ada, hanya dengan senjata bambu runcing.

“Sehingga, wajib bagi santri merawat dan menjaga NKRI, salah satunya degan belajar yang baik dan tinta. Jadilah ajengan dan kyiai-kyai yang menjadi pakunya negara untuk memperkokoh Negara," Pungkasnya. (CRI/CR2/CR3).



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar