Ingin Kelola DD Lebih Baik, Ribuan Cakades Siap Tarung di Pilkades

Ingin Kelola DD Lebih Baik, Ribuan Cakades Siap Tarung di  Pilkades

Foto : Ilustrasi


CIANJUR. Maharnews.com - Anggaran dana desa (DD) bernilai miliaran rupiah fakta memiliki pengaruh besar terhadap keberlangsungan pesta demokrasi Pilkades serentak yang bakal digelar pada 23 Februari 2020 mendatang. 

Ada 248 Desa yang mengikuti zona pemilihan kepala desa di wilayah Kabupaten Cianjur. 

Tak tanggung balon Kades yang sudah masuk mendaftar kepada masing-masing  panitia Pilkades di wilayah Kabupaten Cianjur, berjumlah 1220 orang. Tentunya jumlah peserta bakal calon Kepala Desa meningkat derastis dibanding pada pemilihan serentak pilkades 2014.

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cianjur, H. Sapturo mengungkapkan, tentunya harus disikapi secara arif.

"Harus disikapi secara arif, ini juga sekaligus tantangan ketika orang berorientasi kepada DD dan ADD itu bagus. Kalau pengelolaannya benar, Pertama bahwa ini sebagai gambaran proses berdemokrasi pendidikan politik sampai kepada masyarakat.

Harus dicermati kalau orientasinya kesana, tidak semua Kepala Desa mampu menggunakan DD/Add karena ada keterbatasan, harus lebih jelas dan lebih transparan," Ujar H. Sapturo saat di hubungi melalui sambungan, minggu (22/12/2019).

"Kalau imbasnya kesana lanjutnya, bukan hanya bagus malah jadi malapetaka nanti. Artinya DD dan ADD untuk kesejahtraan masyarakat di desa tidak terpenuhi. 

Jadi oleh karena itu menjadi tanggung jawab DPMPD untuk menindak lanjunti hasil dari pilkades ini, dalam bentuk, bukan hanya orientasi calon kepala desa terpilih, tapi lebih kepada pemantapan pembinaan tentang administrasi pengelolaan DD dan ADD.

Dan kita selaku dewan tentunya berterimakasih, disisi lain didikan politik berjalan bagus diminati, yang kedua masyarakat sama punya hak kewajiban untuk mengabdikan diri mememuliakan wilayahnya atau daerahnya," Tandasnya.

Politisi asal partai berlambang Beringin (Golkar) terhadap bakal calon Kepala Desa yang nantinya terpilih menjadi untuk berupaya memanfaatkan dana desa sesuai aturan.

"Dana Desa itu subhanallah bukan sedikit untuk memakmurkan desa itu tidak sedikit, miliaran rupiah.

Benar-benar harus dimanfaatkan dan harus terasa untuk semua kepala Desa di orientasikan tidak hanya kepada infrastruktur, tidak hanya kepada hal-hal yang sipatnya administratif, tapi benar-benar bisa mendongkrak IPM Cianjur yang ketinggalan," Tutupnya. (NN)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE