Budidaya Entog Bangun Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan Desa Hegarmanah

Budidaya Entog Bangun Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan Desa Hegarmanah

Foto : Sosialisasi Pelihara Unggas /Entog


CIANJUR. Maharnews.com - Pemerintah Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan sosialisasi gerakan pelihara entog (unggas) dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Perikanan Perternakan dan Kelautan Kabupaten Cianjur.

Kegiatan berlangsung di aula kantor Desa Hegarmanah, Sabtu (16/2/2019) dihadiri Muspika Kecamatan Karangtengah, staff dan jajaran pemerintah Desa ketua RT/RW. Nampak pula Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Barkah Surahman menghadiri kegiatan tersebut.

Usai melakukan Sosialisasi Kepala Desa Hegarmanah secara simbolis menyerahkan 100 ekor Entog kepada masing-masing warga, diserahkan oleh Muspika Kecamatan Karangtengah, Dinas Perikanan Perternakan dan Kelautan dan Wakil ketua DPRD provinsi Jabar Ade Barkah Surahman.

Kepala Desa Hegarmanah, Dedi Rahman di sela kegiatan sosialisasi memaparkan budidaya unggas jenis entog atau istilah lain dalam Bahasa Sunda adalah manila sebagai bentuk Pemerintah Desa Hegarmanah mendorong program budidaya Entog guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga.

"Kita selaku Kepala Desa dalam menjalankan tugas dengan tujuan untuk mensejahtrakan masyarakat, dan Pemerintah melalui anggaran yang telah disediakan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ungkapnya.

"Sesuai dengan program tepat sasaran, terkait dengan beberapa pemberdayaan masyarakat, Kami berkoordinasi dengan mengajukan usulan kelembagaan, bagaimana upaya kita, ingin melakukan sebuah inovasi di desa menyentuh masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian," sambungnya.

Menurut Dedi seiring dengan arah visi dan misi Cianjur, juga Jawa barat, pemerdayaan harus dapat dirasakan masyarakat. Hal tersebut yang digulirkan tahun 2019 ini, melalui gerakan pelihara entog, filosofi inilah yang saya ingin sampaikan kepada masyarakat.

"Dan alhamdulilah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak dan juga dapat direspon oleh khusus terkait, dan didukung wakil ketua DPRD provisi Jawa barat pak H. Ade Barkah Surahman, termasuk juga dari ke Kacamatan, bagaimana tujuannya untuk memotivasi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi melalui budidaya tersebut," ucapnya.

Sementara, Dinas Perikanan Peternakan dan kelautan yang diwakili stafnya Agung menyampaikan turut mendorong untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan kegiatan budidaya Unggas ini.

"Tujuan dari budidaya Unggas ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat,"jelasnya.

Wakil ketua DPRD provinsi Jabar Ade Barkah Surahman mengapresiasi adanya kegiatan budidaya tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sebagai pionir yang bagus, karena dalam membangun ekonomi pedesaan itu harus melihat potensi yang ada di Desa.

"Alam menyediakan tempat, jadi manusia itu merencanakan sesuatu sesuai dengan alam sekitarnya. Kalau kita berhadapan dengan alam tentunya malapetaka datang, Tapi ketika kita serasi dengan alam, maka keuntungan itu akan segera bisa diraih," sebutnya.

"Khusus mengenai Desa Hegarmanah, saya salut, karena kan kita tidak mendengar ada perternakan Entog yang besar seperti Ayam, jadi jangan sampai nanti kalau kita lengah, masyarakat lengah, kemudian juga sesudah ayam di caplok oleh pengusaha besar, bisa saja Entog juga di Caplok," lanjutnya.

Ade Barkah berharap kegiatan tersebut dapat menjadi penangkal dari Desa Hegarmanah agar tidak semua masyakat bergantung terhadap produk perusahaan besar.

"Saya melihat ada beberapa esensi penggunaan, yang pertama tentu saja ekonomi kesejahtraan. Kemudian juga ketika masyarakat sudah merasa bersatu maka mereka akan menumbuhkan semangat bersatu. Saya melihat pak Kades ini, ingin menanamkan semangat kebersamaan di tengah-tengah masyarakat, Hegarmanah adalah Desa entog, Jadi kan sesuatu yang harus kita dorong, kita beri semangat, bahkan ketika nanti percobaan ini berhasil, untuk pengembangan sudah kita janjikan saya akan bantu,"pungkas H. Ade Barkah Surahman. (NN) 



Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Semua Komentar

Komentar