Harap Harap Cemas, Tender Pembangunan Jalan Bakal Ada Pemenang

Harap Harap Cemas, Tender Pembangunan Jalan Bakal Ada Pemenang


CIANJUR. Maharnews.com - Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap ekonomi, khususnya Kabupaten Cianjur. Tak hanya kalangan bawah, perusahaan penyedia barang dan jasa pun mengalami hal sama, terutama yang kerap mengikuti tender di pemerintah daerah (Pemda).

Puluhan tender pembangunan jalan yang diketahui bersumber dari bantuan provinsi (Banprov) Jawa Barat dan telah nangkring hampir sebulan di laman resmi LPSE Cianjur akhirnya akan memasuki tahapan penetapan pemenang. Tak pelak sejumlah rekanan didera perasaan harap harap cemas.

Kepala Sub Bagian Pengadaan barang dan jasa, Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Cianjur, Ardy Primardiansyah mengatakan dalam waktu dekat tahapan tender tersebut akan memasuki tahapan penetapan pemenang. Namun tidak semua tender pembangunan jalan tersebut memasuki tahapan yang sama.

"Sekarang masuk tahapan pembuktian kualifikasi terakhir, berarti penetapan pemenang paling hari selasa atau Rabu (18-19/8/2020, red). Harusnya Senin, tetapi karena itu 17 Agustus jadi paling cepat Senin paling lambat Rabu," ucapnya saat ditemui di kantornya, Jumat (14/8/2020).

Ardy menuturkan dari 21 paket tender banprov yang ada, diprioritaskan terlebih dahulu yang nilainya 2 milyar keatas dengan pelaksanaan kerja hingga 120 hari kalender. Sedangkan yang pelaksanaan kerjanya 90 hari kalender menjadi prioritas selanjutnya.

"Ada 11 paket yang akan memasuki tahapan penetapan pemenang. Pertimbangannya ya pelaksaan kerja itu, 120 hari kan 4 bulan ya, sehingga nantinya tidak lewat tahun yang berujung denda atau bisa juga nantinya pembayaran sesuai termin pekerjaan," tuturnya.

Ditanya sistem seleksinya, Ardy mengakui masih menggunakan dasar penawaran terendah dan tentunya sesuai dengan persyaratan yang diwajibkan. Ia menegaskan Barjas hanya menetapkan pemenang, terkait nantinya menjadi pemenang berkontrak atau tidak bukan kewenangannya.

"Ya kewenangannya ada di Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Nanti pemenangnya akan kita serahkan ke PPK yang akan ditindaklanjuti untuk dibuatkan pemenang berkontrak atau tidak," tegasnya. (wan)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE