TPT Ambruk, Gedung SDN Ibu Jenab I Terancam

TPT Ambruk, Gedung SDN Ibu Jenab I Terancam

Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berada di bagian belakang sekolah SDN Ibu Jenab I tiba-tiba ambruk, Kamis (15/2/2018) sekitar pukul 23:00 WIB. Karena hal itu, Gedung SDN Ibu Jenab I yang beralamat di Jalan Promoya, Gang Santos RT 01/07 Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur itu terancam.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitas dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Cianjur, Irfan Sofyan mengatakan masih melakukan pemeriksaan kondisi di lokasi. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Cianjur.

“Intinya kami sudah ada action atau terjun langsung ke lokasi untuk mengambil langkah dan solusi terbaik. Sebab yang ambruk bukan sekolah dan karena bencana alam yang tidak diharapkan terjadi,” kata Irfan kepada wartawan, Jumat (16/2/2018).

Irfan menerangkan belum bisa memastikan penyebab ambruk karena pengaruh tanah labil atau tidak.

“Nanti akan dipasang larangan di lokasi TPT yang ambruk, istilahnya peringatan untuk menjaga keamanan dan keselamatan sejumlah siswa. Akan segera memberikan laporan dan mudah-mudahan segera cepat dibangun lagi jangan sampai mengancam keselamatan,” terangnya.

Dilain pihak, konsultan pengawas CV Graha Hapara, Hendra Saputra mengungkapkan, kejadian itu bukan kesalahan dari pengembang. Karena TPT bantaran sungai tidak termasuk dalam pekerjaan pemborong. 

“Tapi bagaimana pun juga kita akan bertanggungjawab dan berkoordinasi dulu dengan beberapa dinas terkait, maka itu saya langsung bergerak ke lokasi. Karena khawatir hal terjadi yang tidak diharapkan, meskipun letak kesalahan bukan dari pengembang melainkan bencana alam terjadi,” ungkap Hendra.

Sementara, seorang warga Gang Santos, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Aris Setiawan mengkhawatirkan murid di sekolah tersebut. Apalagi Sabtu ini (17/2/2018) kegiatan belajar mengajar (KBM) terus berjalan.

"Apakah gedung sekolah sudah dipastikan aman untuk KBM. Jika memang belum ada hasilnya, jangan dipaksakan," ujar Aris yang rumahnya hanya berjarak belasan meter dari Gedung SDN Ibu Jenab I. (wawan)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE