Pelajar Milenial Perlu Tahu Dasar Jurnalistik

Pelajar Milenial Perlu Tahu Dasar Jurnalistik

Foto : Suasana eskul jurnalistik di MTs Negeri 1 Bogor


BOGOR - Perkembangan teknologi yang terus meningkat terutama internet, menjadi pemicu berkembangnya media massa online dan media sosial (Medsos) saat ini. Terlebih kemudahan dan praktis menjadi daya tarik tersendiri.

Meski begitu internet bagai 2 sisi mata uang yang memiliki sisi baik dan buruk, tergantung dari penggunanya. Apalagi di kalangan pelajar milenial yang notabene sebagai pengguna aktif internet khususnya medsos.

Seorang pengajar ekstra kulikuler (eskul) jurnalistik di MTs Negeri 1 Bogor, Aru Prayogi mengatakan pelajar saat ini rentan mendapatkan informasi yang bertentangan dengan kebenarannya. Hal itu menjadi perhatian penting, sehingga pelajar dirasa perlu mengerti dasar jurnalistik.

"Jika sudah mengerti dasar Jurnalistik, pelajar dapat lebih bijak dalam membaca dan menyebar luaskan pemberitaan secara online," kata Aru yang juga berprofesi sebagai wartawan media online, Sabtu (25/8/2018).

Menurutnya, hal itu dinilai penting, karena mereka tiap hari mengkonsumsi pemberitaan yang perlu dicek kebenarannya. Berbagai pertimbangan itu, maka perlu dilakukan eskul tentang jurnalistik MTs Negeri 1 Bogor.

"Eskul dilaksanakan setiap Kamis siang, dengan harapan para pelajar bisa memahami dahulu tentang dunia jurnalistik dan semoga kedepannya diataranya, ada yang ingin berprofesi seperti ini," pungkasnya.

Sementara, seorang peserta eskul, Ara Syaharani yang berstatus siswa kelas 7H, mengungkapkan tertarik eskul jurnalistik karena sejalan dengan cita-citanya.

"Saya mengikuti eskul jurnalistik untuk mencapai cita-cita aya sebagai penulis ternama dan untuk menambah pengalaman baru," ungkapnya. (wan)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE