Minim Edukasi Pengelolaan Sampah, Adipura Tinggal Kenangan

Minim Edukasi Pengelolaan Sampah, Adipura Tinggal Kenangan

Foto : Tugu yang dulunya menjadi ikon Adipura Kabupaten Cianjur.


CIANJUR. Maharnews.com - Peringati hari lingkungan hidup (5 Juni), permasalahan sampah tidak kunjung usai, khususnya di Kabupaten Cianjur. Padahal Kota dengan sebutan kota Tatar santri yang notabene pernah menyabet piagam Adipura, kini tinggal kenangan.

Alhasil, Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD), HMI Cabang Cianjur, Ilham Yassar soroti bagaimana perhatian pemerintah terhadap pengelolaan sampah, hal ini dikarenakan kurangnya edukasi seputar pengelolaan sampah dalam satuan masyarakat terkecil yakni rumah tangga (keluarga). Ia tak menampik permasalahan sampah memang cukup sulit untuk diuraikan.

Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD), HMI Cabang Cianjur, Ilham Yassar .

"Namun seharusnya ada upaya berkesinambungan dari pemerintah terkait edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui perangkat-perangkatnya yang tersebar di seluruh wilayah desa, sehingga kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah sedikit demi sedikit dapat meningkat," bebernya, Sabtu (5/6/2021).

Selain itu, Ilham juga menuturkan bahwa volume sampah di TPA Pasir Sembung nampaknya sudah melebihi kapasitas sejak beberapa tahun yang lalu, namun terus dipergunakan. Ia menilai perlu ada pembaharuan dalam pengelolaan sampah di Cianjur oleh Dinas Lingkungan Hidup kemudian disosialisasikan secara berkelanjutan.

"Sehingga tidak menjadi salah satu hambatan untuk percepatan pembangunan cianjur yang lebih maju," terangnya.

Ilham mengapresiasi intruksi Bupati Cianjur yang menghimbau para pelaku usaha kecil, menengah hingga besar untuk mengurangi penggunaan sampah plastik pada setiap transaksi jual belinya. Jika perlu ada sanksi tegas bagi yang melanggarnya, karena urusan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama.

"Intruksi Bupati ini harus kita apresiasi beliau sebagai pemimpin daerah artinya sudah semakin sadar bahwa penggunaan plastik akan menimbulkan berbagai macam permasalahan sampah, dan berdampak pada lingkungan hidup," pungkasnya. (wan)




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE